Parigi Moutong, Sulawesi Tenga (ANTARA) - Potensi wisata mangrove di Desa Ocone Raya Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, dikenalkan kepada wisatawan lewat momentum peringatan hari bumi yang di rangkaikan dengan festival aren, Minggu (28/4).

"Tahun lalu kami memperingati hari bumi dengan sangat sederhana, tapi tahun ini kami ingin memberikan perubahan bagi desa kami, tak sekedar memperingati, akan tetapi juga dengan aksi menanam mangrove serta memperkenalkan produk-produk berbahan baku gula aren dalam sebuah kegiatan festival aren yang diikuti beberapa desa yang tergabung dalam Forest Investment Programme (FIP) II," ucap Yasin, Kepala Desa Oncone Raya, Minggu.

Yasin mengatakan momentum festival aren sekaligus memperkenalkan obyek wisata Teluk Oncone dan kawasan Mangrove yang merupakan kolaborasi pemerintah Desa Oncone dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dampelas Tinombo, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, melalui FIP II, yang selama ini telah mendukung Kelompok Tani Aren.

"Festival aren ini memang sangat sederhana akan tetapi telah memberikan manfaat bagi masyarakat, sekalipun kuranglebih 20 jenis produk telah ditampilkan dan mendapat apresiasi dari Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Koperasi serta UKM Kabupaten Parigi Moutong termasuk memberikan saran perbaikan utamanya dalam hal kemasan produknya," kata Yasin.

Terkait penyelenggaraan festival aren dan peringatan hari bumi, sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Parigi Moutong Yakob secara tegas mendukung kegiatan yang dinilainya merupakan salah satu inovasi desa yang cukup menarik dan maju. Ia pun menyarankan untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan sarana yang akan mendukung penyelenggaraan festival.

"Saya minta kepala desa untuk menjadikan festival aren menjadi agenda tahunan desa agar produk-produk aren bisa dikenal sekaligus menjadi salah satu upaya, untuk mengembangkan ekonomi kecil di masyarakat yang memiliki potensi aren, sekaligus memperkenalkan obyek wisatanya," kata Yakob.

Festival aren juga dirangkaikan dengan mengajak semua kalangan, baik anak-anak, remaja dan orangtua untuk bersama-sama menanam mangrove di sekitar obyek wisata teluk Oncone raya yang bibitnya diperoleh dari kawan-kawan yang tergabung dalam Jaringan Arsitektur Indonesia (JARI) Sulawesi Tengah yang saat ini fokus dalam menggerakkan menanam mangrove.
Festival Aren di rangkaikan dengan penanaman mangrove di Desa Oncone Raya pada peringatan momentum hari bumi, Minggu 28/4 (Subarcha)
 
Penanaman mangrove di Desa Oncone Raya pada peringatan momentum hari bumi, Minggu 28/4 (Subarcha)
 
Penanaman mangrove di Desa Oncone Raya pada peringatan momentum hari bumi, Minggu 28/4 (Subarcha)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019