Baiknya tunggu saja hasil perekapan di KPU. Kita belum bisa memastikan siapa yang terpilih. Kita baru mulai perekapan tanggal 2 Mei nanti, tegasnya
Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Wajah baru diperkirakan akan mendominasi kursi anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) periode 2019-2024.

Dari informasi di lapangan, sudah tergambar siapa saja calon legislatif yang berpotensi mengisi 40 kursi yang tersedia. Meskipun saat ini rekapitulasi suara masih berlangsung di kecamatan.

"Mengenai siapa saja yang duduk belum bisa kami memastikan. Tunggu saja final rekapitulasi suara di KPU. Saat ini kami tidak bisa memberikan datanya karena perekapan di KPU belum dimulai," kata Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengaku, adanya saling klaim kemenangan sah-sah saja, namun jangan sampai memicu keresahan dan perpecahan.

"Baiknya tunggu saja hasil perekapan di KPU. Kita belum bisa memastikan siapa yang terpilih. Kita baru mulai perekapan tanggal 2 Mei nanti," tegasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan menyebutkan, untuk daerah pemilihan 1 dengan 10 kursi kemungkinan terpilih adalah Adriwilza (Gerindra), Baharuddin R (PAN), Sifrowati (Demokrat), Serly Indah Puspita Sari (Hanura), Ronal Dodya Restu (PDI P), Supriyono (PKS), Syafril Dt Batuah (PBB), Jafrizal / Syahrizal (Nasdem), Rosdi (Golkar) dan Yulhendri Dt Putiah (PKB).

Daerah pemilihan 2 dengan 12 kursi kemungkinan terpilih adalah Erianto (Gerindra), Subandrio (Demokrat), Endra Yama Putra (Demokrat), Dody Wahyudi (Gerindra), Daliyus K (Golkar) dan Syafridal (PAN). Selanjutnya Damlis (Hanura), Andri Jaya (Nasdem), Dominikus (Perindo), Masri (PKS), Wasman/Firdaus (PPP) dan Dedy Lesmana/Ali Nasir (PDIP/PKB).

Untuk daerah pemilihan 3 dengan 10 kursi kemungkinan terpilih adalah Pahrizal Hafni (Gerindra), Hafiz (Gerindra), Nazwar (Demokrat), Juniwar (Demokrat) dan Yubdi (Golkar). Kemudian Budi Nasko (Golkar), Endang Jaya Putra (PDIP), Aswar (PAN), Muhammad Umar (PPP) dan Sunadi (Perindo).

Sedangkan daerah pemilihan 4 dengan delapan kursi, kemungkinan terpilih adalah Heri Meheldi (Gerindra), Dt. Lizar (Gerindra), Muhammad Guntara (Nasdem), Ifdal (PAN), Efa Susanti (PDIP), Dirwansyah (Golkar), Demokrat dan Hanafi (PKS).

Dari data tersebut kemungkinan anggota DPRD yang lama diperkirakan bertahan sekitar 10-17 orang dari 40 kursi yang tersedia.

Sementara itu Sekretaris Gerindra Pasaman Barat, Erianto membenarkan kemungkinan partainya memperoleh tujuh kursi dari empat dapil.

"Kita baru menghitung berdasarkan C1 yang dikumpulkan saksi. Finalnya tentu hasil perekapan di KPU nantinya," ujarnya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019