Jakarta (ANTARA) - Megabintang Los Angeles Lakers, LeBron James, mengucurkan dana sebesar 1 juta dolar AS (sekira Rp14,3 miliar) untuk membangun gedung olahraga di Sekolah I Promise yang ia dirikan di Akron, Ohio, Amerika Serikat.

Uang tersebut berasal dari Yayasan Dick's Sporting Goods dan James mengumumkan alokasi dana tersebut saat ia mengunjungi almamaternya SMA St. Vincent St. Mary pada Kamis (9/5) setempat, demikian dilansir laman resmi NBA.

Menurut James, selain dipakai untuk mata pelajaran olahraga dan kegiatan ekstra kulikuler, gedung olahraga tersebut juga bakal berfungsi sebagai zona aman bagi siswanya.

"Bagi siswa saya, ini lebih dari sekadar gedung olahraga," kata James dalam video yang diunggah Akron Beacon Jurnal.

"Saya tidak bisa membayangkan jalan hidup saya dan teman-teman, jika tak pernah mendapat sentuhan dari pelatih dan guru yang peduli akan kami dan kesempatan yang bisa kami raih," ujarnya menambahkan.

Baca juga: LeBron James kaget Magic Johnson mundur

Baca juga: LeBron James obral pujian dalam pernyataan publik pertamanya sejak hijrah ke Lakers

Uang itu dikucurkan Yayasan Dick's Sporting Goods dalam kerangka program Dick's Sports Matter.

Sejak diluncurkan pada 2018, program Dick's Sports Matter telah memberikan manfaat bagi tim olahraga, liga dan sekolah yang melibatkan remaja dari kawasan miskin.

Sekolah I Promise milik James saat ini telah memiliki rasio siswa-murid 20 banding satu.

Sekolah yang menjaring anak-anak kurang beruntung di Akron itu juga menyediakan sarapan, makan siang dan kudapan gratis bagi para siswanya, serta sarana bus sekolah bagi mereka yang tinggal dalam radius 3,2 km.

Bahkan setiap anak juga diberi sepeda gratis, sesuatu yang diakui James sebagai salah satu hal yang membantunya tumbuh tanpa terlibat banyak masalah kenakalan remaja berbahaya.

Baca juga: Sixers dan Blazers paksakan seri masing-masing mainkan gim ketujuh

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019