Sebelumnya massa dan petugas kepolisian sempat bentrok selama beberapa saat hingga akhirnya aparat memutuskan untuk mundur,
Jakarta (ANTARA) - Massa yang bentrok dengan polisi di perempatan Jalan KS Tubun dan Jalan Jati Baru Raya, Petamburan, Jakarta Barat, memprovokasi aparat kepolisian agar melepaskan tembakan gas air mata lalu berlari ke dalam masjid.

Pantauan Antara di sekitar perempatan Jalan KS Tubun Petamburan, Jalan Slipi I Jalan dan Jalan Jati Baru, Rabu, massa memprovokasi dengan melontarkan umpatan kepada aparat kepolisian yang bersiaga.

Sebelumnya massa dan petugas kepolisian sempat bentrok selama beberapa saat hingga akhirnya aparat memutuskan untuk mundur.

Beberapa personel tentara berada di kerumunan massa untuk menenangkan massa agar tidak berlanjut memprovokasi. Namun massa terus menerus memprovokasi polisi hingga azan dzuhur.

Aparat akhirnya terpancing dengan mengejar hingga melontarkan gas air mata setelah ada massa yang melemparkan batu. Massa lalu kabur berhamburan ke segala arah setelah polisi mengejar.

Beberapa orang kemudian kabur ke dalam masjid yang kebetulan sedang melaksanakan shalat dzuhur. Polisi yang terpancing pun ikut mengejar hingga ke pelataran masjid, namun berhenti dan menahan tidak melanjutkan pengejaran.

Massa yang melakukan provokasi didominasi oleh remaja dan anak muda. Bahkan ada pula anak-anak usia SD yang ikut turun ke jalan hingga turut memprovokasi.

Saat ini bentrokan antara massa dan polisi kembali terjadi setelah sebelumnya sempat terhenti.

Sementara itu, di daerah Slipi Jaya, Jakarta Barat, massa membakar bus dan menyulut kemarahan personel Brimob.

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019