Lonjakan jumlah penumpang diprediksi terjadi pada tanggal 29, 30, 31, 1 Mei 2019 mendatang
Bandarlampung (ANTARA) - Manajer Usaha Perum Damri Cabang Lampung Elpohan memprediksi lonjakan penumpang Damri pada arus mudik akan terjadi pada tujuh hari sebelum (H-7) Lebaran 2019.

"Lonjakan jumlah penumpang diprediksi terjadi pada tanggal 29, 30, 31, 1 Mei 2019 mendatang," kata dia di Bandarlampung, Sabtu (25/5).

Elpohan menjelaskan, hingga saat ini para pemudik dengan tujuan berbagai daerah sudah cukup banyak yang membeli tiket Damri. Semakin mendekati Lebaran, semakin bertambah yang membeli tiket.

"Ada ribuan pemudik sampai saat ini yang sudah masuk membeli tiket. Penjualan puncaknya terjadi pada tanggal 30 dan 31 Mei karena ASN juga libur terhitung tanggal 29 mendatang," kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kelayakan armada yang akan beroperasi menjelang arus mudik dan balik. Selain itu, terhadap pengemudi juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin yang bekerja sama dengan pihak Jasa Raharja.

"Alhamdulillah 71 unit angkutan Damri untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) layak dan 36 unit untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) juga layak. Pengemudi juga sehat setelah dilakukan pemeriksaan rutin," katanya.

Untuk menghadapi arus mudik dan balik, Perum Damri Cabang Lampung telah telah menyediakan sebanyak 114 armada yang terdiri dari AKAP dan AKDP.

Armada Damri yang disediakan tersebut rencananya akan melayani trayek seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Depok, Bogor, dan lain-lain.

Pewarta: Edy Supriyadi/Damiri
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019