Pasar murah ini tidak hanya diperuntukkan untuk para pegawai di sini, namun masyarakat umum juga boleh untuk membelinya, tentunya sesuai ketentuan batasan produk yang disediakan
Samarinda (ANTARA) - Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur menggelar "Gebyar Pangan Murah" bahan makanan pokok dan sejumlah produk makanan dalam rangka menyambut  Idul Fitri (Lebaran) 1440 Hijriah.

Gebyar Pangan Murah itu dilaksanakan di dalaman Kantor Dinas PTPH Jalan Basuki Rahmat Samarinda, dan dibuka secara resmi dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi, di Samarinda, Rabu (29/5).

Wagub mengatakan Gebyar Pangan Murah diharapkan bisa membantu masyarakat dan para karyawan untuk mempersiapkan kebutuhannya dalam menyambut Idul Fitri 1440 H yang kini sudah di depan mata.

Ia mengingatkan pentingnya menjaga ketahanan pangan sehingga masyarakat tidak terlalu terbenani dengan harga pangan yang meroket menjelang Lebaran.

"Kita berikan apresiasi kepada Dinas PTPH yang rajin turun ke lapangan dalam memajukan sektor pertanian di Kaltim," kata Hadi Mulyadi.

Kepala Dinas PTPH Kaltim H Ibrahim mengatakan kegiatan pangan murah ini memang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan instansinya untuk mengantisiasi keluhan masyaakat setiap tahunnya.

Menurut dia, pasar murah seperti itui bisa dilaksanakan tiga hingga empat kali kegiatan, khususnya memasuki bulan Ramadhan.

"Kemarin kita sudah melakukan bazar. Juga peresmian Toko Tani Center. Kegiatan gebyar ini kerja sama dengan kelompok tani dan agen untuk menjual berbagai kebutuhan masyarakat, khususnya dalam menyambut Idul Fitri 1440 H," kata Ibrahim.

Sejumlah bahan makanan pokok seperti beras, gula pasir, mie instan, aneka kue kering dijual dalam kios pasar murah tersebut dengan harga dibawah harga normal di pasaran.

"Pasar murah ini tidak hanya diperuntukkan untuk para pegawai di sini, namun masyarakat umum juga boleh untuk membelinya, tentunya sesuai ketentuan batasan produk yang disediakan," katanya.

Baca juga: Stok ikan di Kaltim terpenuhi hingga Lebaran

Baca juga: BI Kaltim siapkan Rp5 triliun hadapi Lebaran


Pewarta: Arumanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019