Pemudik masih tunggu dua kapal Pelni masuk Ambon

Pemudik masih tunggu dua kapal Pelni masuk Ambon

Warga Kota Ambon yang berencana mudik menggunakan jasa kapal Pelni ke arah barat Indonesia yang belum sempat mendapatkan tiket kapal akibat habis terjual masih berpeluang melakukan mudik pada awal Juni 2019 karena masih ada KM Ngapulu yang akan singgah pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pada Kamis (30/5/2019) (Daniel Leonard)

Ambon (ANTARA) - Sejumlah warga Kota Ambon yang tidak sempat mendapatkan tiket KM Gunung Dempo pada Selasa, (28/5) masih memiliki kesempatan mudik dengan menunggu dua kapal milik PT Pelni yang akan masuk Pelabuhan Yos Sudarso akhir bulan ini.

"Kemarin jumlah penumpangnya memang sangat banyak sehingga tiket terjual habis dan kami tidak bisa mendapatkannya untuk rencana mudik Lebaran 1440 Hijriah ke kampung halaman di Makassar (Sulsel)," kata Safruddin, salah satu warga di Ambon, Kamis.

Menurut dia, sesuai informasi di pihak Pelni bahwa pada tanggal 30 Mei dan 2 Juni 2019 ini masih ada dua kapal yang akan sandar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Untuk tanggal 30 Mei 2019, KM Ciremai telah masuk Pelabuhan Ambon dan melanjutkan perjalanan ke Makassar, dan Pulau Jawa, sedangkan tangal 2 Juni 2019 nanti masih ada KM Ngapulu juga akan ke Ambon menuju arah barat Indonesia.

"Jadi sebenarnya masih ada peluang bagi saya untuk mudik Lebaran di Makassar," ujarnya.

Safruddin mengaku memilih mudik menggunakan jasa angkutan laut sebab biayanya relatif lebih murah ketimbang naik pesawat terbang yang harga tiketnya lumayan mahal.

Apalagi barang bawaan yang cukup banyak tentunya akan lebih mahal kalau naik pesawat karena harus masuk bagasi, sementara di kapal Pelni justeru masih lebih terjangkau dan aman selama perjalanan.

"Kalau sudah mendapat tiket kapal pada tanggal 30 Mei atau tanggal 2 Juni 2019 tentunya tiba di Makassar beberapa hari sebelum Idul Fitri," ujarnya.
 
Pewarta : Daniel Leonard
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019