Makassar (ANTARA) - Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal VI) Makassar menggelar upacara peringatan Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 di Lapangan Apel Arafuru Markas Komando (Mako) Lantamal VI Makassar, Sabtu.

Menurut Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh para “pendiri bangsa”.

"Ini merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, karena itu NKRI harus kita pertahankan," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Selain itu, keberagaman kondisi geografis , flora , fauna hingga aspek antropologi dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang yang inklusif.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Danlantamal VI Makassar S.H., M.Tr (Han) dan Komandan Upacara Mayor Laut (P) Sulang Priambodo yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Dankal Birang I.6-61 Lantamal VI.

Peringatan secara sederhana tersebut tidak mengurangi kekhidmatan jalannya upacara dan sangat terasa saat pembacaan Naskah Pancasila oleh Irup selama pelaksanaan upacara berlangsung, yang sebelumnya diawali penghormatan kebesaran buka dan tutup.

Pada saat bersamaan seluruh peserta upacara juga ikut mengucapkan dasar negara Republik Indonesia tersebut sila demi sila.

Turut hadir dalam peringatan hari kelahiran Pancasila tersebut , para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar , para Kadis/Kasatker Lantamal VI. serta diikuti seluruh personel Militer Lantamal VI, prajurit Yonmarhanlan VI dan PNS Lantamal VI.

Baca juga: Pelni gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di atas kapal

Baca juga: ASN Sleman ikuti upacara Hari Lahir Pancasila meskipun sedang libur

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019