H-3 Lebaran, volume penumpang di Bandara Halim meningkat signifikan

H-3 Lebaran, volume penumpang di Bandara Halim meningkat signifikan

Antrean panjang penumpang terlihat di pintu masuk keberangkatan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/6/2019). Antara/Katriana (Antara/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta mengatakan bahwa ada lonjakan jumlah penumpang cukup signifikan pada H-3 Lebaran 2019.

"Peningkatan volume penumpang hari ini cukup signifikan dibandingkan beberapa hari lalu atau pada H-5," kata Officer in Charge Bandara Halim, Erick Arrachman, saat ditemui Antara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu.

Dia menyebutkan bahwa jumlah pemudik di bandara tersebut pada hari ini mencapai 18.141 penumpang, meningkat sekitar 40 persen jika dibandingkan dengan 13.554 penumpang pada beberapa hari lalu atau pada H-5 menjelang Lebaran.

Baca juga: Garuda resmi operasikan rute Halim-Tasikmalaya

Pria berusia 47 tahun itu memperkirakan kenaikan tersebut disebabkan oleh semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1440 HIJRIAH, yang dijadwalkan jatuh pada 5 Juni 2019.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut, Bandara Halim Perdanakusuma menyiapkan sembilan armada tambahan di antaranya dari Maskapai Citilink dan Susi Air dengan rute penerbangan menuju Tanjung Karang, Medan, Cilacap dan Nusawiru.

Sementara itu, dia mengakui ada penurunan volume penumpang pada arus mudik Lebaran 2019 jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada H-3 menjelang Lebaran tahun lalu, Bandara Halim Perdanakusuma mencatat ada 94 kedatangan dan 94 keberangkatan psawat dengan total penumpang sekitar 19.045.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan 79 kedatangan dan keberangkatan pesawat dengan total penumpang sebanyak 18.141 pada H-3 Lebaran 2019.

Dia mengatakan penurunan itu kemungkinan disebabkan oleh keinginan pemudik untuk mencoba berkendara di jalan tol baru.

Meski demikian, dia tidak menepis kemungkinan penurunan akibat kenaikan harga tiket pesawat.

Baca juga: Citilink tambah enam penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma

Baca juga: Jumlah penumpang melonjak di Bandara Halim Perdanakusuma

 
Pewarta : Katriana
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019