Palu (ANTARA) - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Klas II Palu memperingatkan masyarakat terutama pemudik untuk waspada terhadap cuaca buruk di sejumlah wilayah di Sulteng dalam beberapa hari ke depan.

Waspada cuaca buruk terutama di sejumlah jalan poros yang menghubungkan antar kota, kabupaten maupun provinsi baik dari dan ke Palu maupun dari dan ke Sulteng.

"Sejumlah wilayah di Sulteng masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan seperti di Kota Palu, Kabupatan Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tolitoli, Buol maupun Morowali Utara,"kata Forecatser BMKG Stasiun Metereologi Klas II Palu Eka Trimas Widyatmoko, Senin.

Dia menjelaskan hujan deras yang mengguyur Kota Palu dan sejumlah daerah di Sulteng sejak beberapa hari terakhir itu disebabkan peningkatan kelembapan atmosfer di wilayah Indonesia.

Pemicu utama yang menyebabkan hal tersebut adalah aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang mulai memasuki Samudera Hindia (kuandran 2).

"Kondisi ini dapat menimbulkan adanya daerah pusaran angin, pertemuan angin dan perlambatan kecepatan angin yang berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," ujarnya.

Menurutnya curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berlangsung sejak Sabtu (1/6) dan akan berlangsung hingga hari Raya Idul Fitri, Rabu (5/6) nanti.

"Kepada masyarakat yang akan mudik diimbau agar mudik pada pagi hingga siang hari karena hujan diprediksi mengguyur mulai siang, sore, malam hingga dini hari dan sebisa mungkin hindari jalan-jalan yang bertebing saat hujan mengguyur karena akan sangat membahayakan keselamatan pengendara yang melintas,"ucapnya.
 

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019