Polres Bantul harap perayaan malam takbir tak lewati batas kecamatan

Polres Bantul harap perayaan malam takbir tak lewati batas kecamatan

Ilustrasi malam takbiran (Foto ANTARA)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan perayaan malam takbir atau takbir keliling menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah oleh masyarakat tidak melewati batas kecamatan setempat.

"Kemarin dalam pelaksanaan rakor (rapat koordinasi) kita perbolehkan untuk malam takbir, tetapi tidak usah melewati Bantul, misalnya di kecamatan itu ya di kecamatan itu saja," kata Kepala Polres Bantul AKPB Sahat Marisi Hasibuan di Bantul, Selasa.

Menurut dia, kebijakan tersebut harap ditaati panitia malam takbiran setempat sebagai upaya antisipasi gangguan arus lalu lintas, mengingat perayaan takbir dengan takbir keliling sudah menjadi agenda tahunan jelang Lebaran.

"Jadi (rute takbiran) tidak usah sampai melebar-lebar ke kecamatan lain, misalnya dari Bantul tidak perlu sampai ke Pajangan, apalagi sampai ke kota (Yogyakarta), kota sudah pasti macet, kita sudah buat kesepakatan," katanya.

Selain dilakukan dalam satu wilayah kecamatan, perayaan malam takbir yang akan diadakan pada Selasa (4/6) malam nanti, lanjut Kapolres Bantul, tidak boleh ada petasan atau konvoi sepeda motor dengan knalpot blombongan.

"Silahkan takbiran untuk merayakan kemenangan dalam puasa, silahkan tapi tidak ada petasan dan tidak ada (konvoi berknalpot) blombongan, kemudian waktunya kita batasi sampai dengan pukul 23.00 WIB," katanya.

Kapolres juga mengatakan, sudah ada informasi bahwa di wilayah Kecamatan Pleret akan diadakan lomba takbir, untuk itu kegiatan tersebut akan mendapat pengamanan dari aparat kepolisian setempat dan elemen terkait.

"Tidak apa-apa, malah bagus, yang seperti itu justru kita amankan, sudah saya sampaikan ke Kapolsek dan camat kalau ada lomba takbir laporkan, beritahu ke kita, justru kita amankan untuk pelaksanaan lomba malam takbir," katanya.

"Termasuk masyarakat yang ingin merayakan, silahkan. Tetapi ada hal-hal yang diperhatikan, tidak boleh pakai blombongan, petasan, waktunya dibatasi karena mengingat besoknya kita ada pengamanan sholat Ied di lapangan-lapangan," katanya.
Pewarta : Hery Sidik
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019