Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Jawa Tengah cerah berawan pada hari Lebaran 2019.

"Berdasarkan informasi dari Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang diketahui bahwa sebagian wilayah di Jawa Tengah diprakirakan cerah dan cerah berawan pada saat pelaksanaan Shalat Ied," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa.

Ia menjelaskan, wilayah di sekitar Masjid Agung Kota Tegal dan Masjid Agung At-Taqwa Wonogiri diprakirakan cerah pada Rabu (5/6). Sementara, Alun-Alun Purwokerto dan Masjid Agung Darussalam Cilacap cerah berawan. Di seputar Masjid Agung Surakarta dan Masjid Agung Rembang diprakirakan cerah berawan.

Sementara itu, wilayah di sekitar Alun-Alun Banjarnegara dan Masjid Agung Kota Magelang diprakirakan cerah berawan. Selain itu, Masjid Jabalul Khoir Purwodadi dipakirakan cerah, dan Masjid Darul Muttaqin Purworejo diprakirakan cerah berawan. Si wilayah Wonosobo dan Kebumen juga diprakirakan cerah berawan.

Ia menambahkan, BMKG akan terus melakukan pemutakhiran data terkait kondisi cuaca terkini dan akan menyampaikan secara berkala kepada masyarakat.

Sebelumnya, BMKG juga menginformasikan bahwa wilayah Provinsi Jawa Tengah telah memasuki pancaroba atau masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga tren curah hujan terus menurun.

Kendati demikian, BMKG, terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada mengingat masih ada kemungkinan terjadinya hujan lebat, angin kencang dan juga petir pada masa peralihan ini.

BMKG meminta masyarakat untuk tidak panik namun selalu meningkatkan kewaspadaan karena masih ada potensi hujan lebat, angin kencang dan juga petir.

Baca juga: BMKG: Cuaca di Jateng bagian selatan cerah berawan saat Idul Fitri

Baca juga: Waspada cuaca buruk di sejumlah daerah di Sulteng saat mudik lebaran


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019