Berpotensi hujan pemudik diimbau berhati-hati di kawasan Gunung Salak

Berpotensi hujan pemudik diimbau berhati-hati di kawasan Gunung Salak

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, memantau kesiapan pos pengamanan selama kegiatan mudik berlangsung di wilayah hukum Polres Lhokseumawe, Senin (3/6). (Antara/ Dok: Humas Polres Lhokseumawe)

Lhokseumawe, Aceh (ANTARA) - Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh mengimbau agar pemudik untuk lebih berhati-hati bila melintasi kawasan Gunung Salak (jalan KKA) yang menghubungkan Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, karena berpotensi hujan mulai sore hingga malam hari ini. 

“Untuk hari ini berdasarkan pemantauan dan prakiraan kami, di kawasan Gunung Salak, mulai sore hingga malam hari berpotensi hujan dan untuk besok potensi hujannya mulai siang hari hingga malam hari,” ungkap Arijuddin Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Malikussaleh, Lhokseumawe, Selasa.

Sedangkan mengenai intensitas hujan di kawasan tersebut, mulai ringan hingga sedang. Akan tetapi dapat saja terjadi hujan lebat jika ada penumpukan awan Cumulonimbus, tambahnya.

“ Khusus di kawasan Gunung Salak, tingkat curah hujannya mulai dari ringan hingga sedang bahkan dapat berubah menjadi lebat, jika ada penumpukan awan cumulonimbus diwilayah tersebut,” katanya.

Oleh karena itu sebagaimana dikatakan olehnya, warga yang melewati kawasan gunung tersebut, diimbau untuk berhati-hati terutama di wilayah perbukitan di saat hujan karena dapat berpotensi longsor.

“ Benar, karena hujan cukup merata Di wilayah Aceh, sehingga jalan licin dan diharapkan agar masyarakat, waspada ketika melintas di jalan yang cenderung menanjak dan berbukit, karena daerah tersebut berpotensi longsor akibat tingginya curah hujan,” ungkap prakirawan BMKG itu mengingatkan.

Sementara itu, Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan juga mengingatkan kepada pemudik yang melintas Jalan KKA dikawasan Gunung Salak, supaya lebih berhati-hati dan waspada. Bahkan untuk memantau dan mengawasi situasi mudik di kawasan tersebut, Polres Lhokseumawe mendirikan pos pantau yang terletak di KM 32.

" Kepada pengendara kendaraan, apabila lelah dan mengantuk disarankan untuk beristirahat pada pos-pos pengamanan mudik lebaran yang ada di sepanjang jalur mudik jalan lintas Sumatera dan juga di jalan KKA, kawasan Gunung Salak," ujar Kapolres Lhokseumawe.

Baca juga: Di Palangka Raya, malam Idul Fitri berpotensi hujan

Baca juga: Polisi: waspadai genangan hujan jalur mudik Bekasi
Pewarta : Mukhlis
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019