Ambon (ANTARA) - Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso menyatakan pelaksanaan malam Takbiran pada Selasa (4/6) malam serta shalat id 1440 Hijriah di Kota Ambon dan sekitarnya, Rabu, berjalan aman dan lancar.

"Malam takbiran dan shalat Id berjalan lancar dan aman. Umat Islam di Ambon juga merayakan hari kemenangannya dengan tidak berlebihan," kata Kapolres di Ambon, Rabu.

Kapolres Sutrisno terjun langsung dan memimpin pengamanan malam takbiran yang hanya dilakukan sebagian umat Islam di kawasan pemukiman mereka masing-masing pada Selasa (4/6) malam, seperti di ruas jalan jenderal Sudirman dan Tantui, Kebun Cengkeh dan Air besar, Kecamatan Sirimau.

Diakuinya aparat gabungan TNI dan Polri serta dinas perhubungan Kota Ambon melakukan pengamanan serta menutup sejumlah ruas jalan utama saat malam takbiran seperti pertigaan Mardika-Batu Merah, pertigaan Jembatan Merah Putih (JMP), perempatan pos kota Ambon, perempatan masjid Alfatah-AY. Patty, serta pertigaan Batu Gantung.

Sebanyak 519 Personil Polres Ambon dibantu TNI dikerahkan untuk melakukan pengaman perayaan malam takbiran yang diwarnai aksi konvoi kendaraan bermotor maupun shalat Id di sejumlah masjid di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Kapolres mengakui, aparat keamanan lebih banyak mengimbau warga yang melakukan konvoi kendaraan bermotor untuk berhenti dan mengalihkan perayaan malam takbirannya di masjid-masjid terdekat, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan.

Begitu juga pelaksanaan shalat Id di sejumlah masjid di ibu kota provinsi Maluku tersebut juga berjalan lancar dan aman, kendati diwarnai hujan lebat yang mengguyur sejak dinihari.

Dia mengakui, situasi dan kondisi keamanan di Kota Ambon secara umum aman dan semua aktivitas perayaan idul Fitri berjalan lancar.


Baca juga: TNI/polri dan pemuda gereja amankan sholat Idul Fitri
Baca juga: Hujan lebat warnai salat Id di Ambon

 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019