Jakarta (ANTARA) - Stasiun Pasar Senen telah memberangkatkan total 26.839 pemudik  sehari setelah Lebaran atau "H+1" Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019, menurut data yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta pada Jumat siang.

"Sebenarnya untuk Stasiun Pasar Senen, kalau kita bicara arus mudik itu sebenarnya masih padat. Karena hari ini ada sekitar 25.000 sampai dengan 26.000 pengguna yang berangkat dari Pasar Senen. Arus mudik memang masih terjadi hingga hari ini, meski arus balik juga sudah lebih tinggi dari biasanya," ujar Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa ketika ditemui di Stasiun Pasar Senen.

Menurut pantauan ANTARA, banyak penumpang yang masih memadati Stasiun Pasar Senen dengan membawa koper dan kardus pada pukul 14.25 WIB, Jumat.

Salah satu dari calon penumpang itu adalah Nurhayati yang akan menaiki KA Matarmaja menuju kampung halamannya Malang.

"Suami saya masih kerja beberapa hari sebelum Lebaran jadi kami baru bisa berangkat sekarang. Lumayan masih tersisa beberapa hari libur," ujar Nurhayati.

Tuntutan pekerjaan juga menjadi alasan salah satu penumpang lain, Anton Suryatno, untuk menunda rencana pulang kampungnya menjadi sehari setelah Lebaran.

"Tanggung kalau pulang kemarin. Saya masih kerja dulu dua hari setelah Lebaran, jadi sekalian saja Lebaran di Jakarta. Kebetulan keluarga istri juga banyak yang di Jakarta," ungkap warga asli Kediri tersebut.

Menurut data PT KAI, total sudah 330.679 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dalam periode 26 Mei sampai dengan 7 Juni 2019.

PT KAI memperkirakan total penumpang yang diangkut menggunakan kereta api pada 2019 akan mencapai 997.730 orang, atau naik 9 persen dibandingkan 916.540 pada 2018.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019