KPU Jember siapkan Pilkada 2020 pascapelantikan

KPU Jember siapkan Pilkada 2020 pascapelantikan

Lima komisioner KPU Jember yang sudah dilantik oleh KPU RI di Surabaya (KPU Jember)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang baru dilantik segera menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jember  2020.

"Setelah pelantikan hari ini, agenda terdekat yang harus disiapkan adalah Pilkada Jember," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi saat dihubungi dari Jember, Kamis.

KPU RI melantik 180 orang anggota KPU untuk 36 kabupaten/kota di Jawa Timur yang digelar di salah satu hotel di Surabaya.

Seluruh anggota KPU kabupaten/kota di Jawa Timur yang hadir di hotel itu telah secara resmi dilantik berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 1089-1124/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/2019 tanggal 11 Juni 2019.

Lima komisioner KPU Jember yang dilantik yakni dua orang petahana dan tiga orang wajah baru.

Lima komisioner itu adalah Ahmad Hanafi (petahana) yang menduduki peringkat pertama, kemudian M. Syaiin (petahana) menduduki peringkat kedua, Achmad Susanto di peringkat ketiga, Andi Wasis di peringkat keempat, dan terakhir Desy Anggraeni.

"Setelah pelantikan, kami harus segera merapatkan pemilihan ketua di internal masing-masing sehingga bisa segera menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu di daerah," katanya.

Tidak hanya Jember, lanjut dia, 18 KPU kabupaten/kota di Jawa Timur juga harus bersiap untuk pelaksanaan pilkada serentak pada 2020.

"Saya akan bekerja lebih baik lagi dengan mengevaluasi perjalanan penyelenggaraan pemilu di Jember yakni memperbaiki yang kurang," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman saat pelantikan di Surabaya mengingatkan seluruh komisioner KPU tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur maupun provinsi harus transparan, profesional, dan berintegritas.

"Ketiganya harus dipenuhi, sebab kalau berkualitas dan profesional, tapi tidak transparan maka sama saja dan itu tidak boleh," tuturnya.

Ia menekankan sifat transparan yang dimiliki komisioner harus selalu diingat karena seluruh tahapan pemilihan umum saat ini bisa diakses oleh siapapun dan dari manapun.
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019