Alangkah besarnya manfaat yang didapat bila potensi ekonomi itu bisa digunakan untuk membangun Yogyakarta, sehingga kesejahteraan masyarakat Yogya terutama di desa-desa akan meningkat
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwana X mengungkapkan diaspora atau para perantau memiliki potensi ekonomi yang sangat besar bagi bangsa dan negara.

Bahkan, menurut Sri Sultan saat menghadiri Halal Bihalal masyarakat DIY di Jabodetabek di Balai Sudirman Jakarta, Minggu, dalam perkembangan globalisasi diaspora sudah menjadi kekuatan ekonomi baru bagi sebuah bangsa, contohnya China dan Korea.

"Alangkah besarnya manfaat yang didapat bila potensi ekonomi itu bisa digunakan untuk membangun Yogyakarta, sehingga kesejahteraan masyarakat Yogya terutama di desa-desa akan meningkat," katanya.

Dalam acara yang diikuti ribuan warga DIY yang merantau di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi tersebut juga hadir dalam Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang juga istri Gubernur DIY.

Menurut Sultan, diaspora khususnya warga DIY yang merantau ke berbagai daerah di Tanah Air maupun ke negara lain telah terbukti memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah ataupun negara pada umumnya.

Kontribusi para diaspora terhadap perekonomian tersebut, lanjut Gubernur, yakni melalui investasi sehingga mendorong perkembangan dan pembangunan daerah tempat asal mereka.

"Karena di Yogya ada pembanguan, kami sangat berterima kasih kalau ada perantau yang mau berinvestasi di Yogyakarta," katanya.

Sementara itu pada kesempatan tersebut juga dimanfaatkan GKR Hemas untuk bertemu dengan masyarakat yang sekaligus sebagai konstituennya yang mempercayakan dirinya kembali sebagai Anggota DPD RI periode 2019-2024.


Baca juga: Dubes: Lebaran momentum diaspora Indonesia pererat persaudaraan

Baca juga: Diaspora Indonesia di Canberra gelar Pasar Senggol

Baca juga: Pengunduran PM May bawa dampak buat diaspora Indonesia di Inggris


 

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019