Jakarta (ANTARA) - Di antara beragam sayuran dan buah-buahan yang bisa menurunkan gula darah dan bermanfaat untuk para penyandang diabetes tipe 2, kale salah satunya.

Sebuah penelitian seperti dilansir Medical Daily belum lama ini mengungkapkan kale yang dibuat jus mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan bahkan meningkatkan tekanan darah.

Jus sayuran berdaun hijau ini juga bergizi melalui kandungan mineral dan vitamin dalam porsi lebih besar dari jenis sayuran lainnya.

Penyakit diabetes menjadi masalah kesehatan utama selama beberapa waktu terakhir. Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan, sekitar 30,2 juta orang dewasa, berusia 18 tahun ke atas, hidup menyandang diabetes.

​Diabetes menjadi salah satu penyebab utama kebutaan, serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan impotensi.

​​Untungnya, komplikasi kesehatan serius akibat diabetes bisa dihindari dan cara terbaiknya mengkombinasikan olahraga dengan diet sehat dan seimbang.


Pada tahun 2017, Indonesia menduduki peringkat ke enam di dunia dengan jumlah 10,3 juta penyandang diabetes dalam rentang usia 20-79 tahun.

Laporan hasil riset kesehatan dasar (RISKESDAS) 2018 menunjukkan prevalensi diabetes melitus sebesar 10,9 persen atau naik empat persen (6,9 persen) pada tahun 2013.


Baca juga: Bayam dan kale sama-sama menyehatkan, tapi mana yang lebih baik?

Baca juga: Dua porsi salad untuk otak lebih muda 11 tahun

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019