Jenewa (ANTARA) - Pertemuan darurat IAEA (pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-bangsa) tidak membuahkan hasil apa pun bagi Amerika Serikat, kata duta besar Iran untuk badan tersebut, Kamis, menurut Kantor Berita Republik Islam (IRNA).

Pertemuan itu digelar pada Rabu (9/7) atas permintaan   untuk memperhitungkan pelanggaran Teheran terhadap kesepakatan nuklir.

Washington memanfaatkan sidang Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk menuduh Iran melakukan pemerasan setelah negara itu melampaui batas tingkat pengayaan yang ditetapkan dalam kesepakatan nuklir 2015 selama sepekan terakhir. AS, sementara itu, masih menawarkan diri untuk menggelar pembicaraan dengan Teheran.

Iran mengatakan pihaknya sedang menyiapkan reaksi terhadap sanksi keras ekonomi AS yang diberlakukan terhadap Teheran sejak tahun lalu, yaitu setelah saat Trump menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015. Iran juga menuturkan bahwa semua langkah mereka dapat dibatalkan asalkan Washington kembali pada kesepakatan.

"Pertemuan khusus Dewan Gubernur berakhir tanpa hasil apa pun bagi Amerika," kata Duta Besar Iran untuk IAEA, Kazem Gharibabadi, pada Kamis.

Sumber: Reuters

Baca juga: Iran sambut upaya Prancis untuk selamatkan kesepakatan nuklir

Baca juga: AS bertekad terus tekan ekonomi Iran

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019