Kemenag targetkan indeks layanan embarkasi Hasanuddin meningkat

Kemenag targetkan indeks layanan embarkasi Hasanuddin meningkat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Anwar Abubakar.

Makassar (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan peningkatan indeks layanan di Asrama Haji Sudiang, Embarkasi Hasanuddin Makassar.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar di Makassar, Senin, mengatakan indeks layanan haji merupakan apresiasi tertinggi dari Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) yang digelar setiap tahunnya.

"Alhamdulillah tahun lalu itu Embarkasi Makassar menjadi yang terbaik di Indonesia untuk pemberi layanan kepada para tamu Alah SWT," ujarnya.

Ia mengungkapkan indeks layanan haji di Embarkasi Hasanuddin Makassar pada musim haji 2018 meraih angka 85,2 persen yang sekaligus perolehan nilai tertinggi diantara semua embarkasi di Indonesia.

Baca juga: 52 kloter jamaah Embarkasi Makassar tempati 36 hotel di Mekkah

Pada musim haji 2019 ini, pihaknya meningkatkan beberapa layanan untuk meraih hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya agar dapat kembali menjadi embarkasi terbaik di Indonesia.

Sebelumnya Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Award menobatkan Embarkasi Makassar sebagai yang terbaik dari sejumlah embarkasi di Indonesia pada musim haji 2018.

Ketua KPHI Award Samidin Nashir mengatakan Embarkasi Haji Makassar keluar sebagai yang terbaik dan mendapatkan penghargaan tertinggi setelah mengungguli Embarkasi Haji Jakarta dan Embarkasi Donohudan Solo yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

"KPHI Award ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan. Pada penyelenggaraan pertama yang mendapatkan penghargaan tertinggi yakni Embarkasi Palembang," ujarnya.

Baca juga: 450 JCH Sulbar diterima PPIH embarkasi Makassar

Ia menjelaskan, ada sejumlah penilaian yang dilakukan pihaknya dalam KPHI Award tersebut, mulai dari sarana dan prasarana, kemudahan transportasi, pelayanan makanan hingga persoalan penanganan kesehatan jamaah di setiap embarkasi.

Dengan dinobatkannya Embarkasi Haji Makassar sebagai yang terbaik pada 2018, maka diharapkan seluruh embarkasi bisa semakin berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanan kepada para jamaahnya.

Sebab jika tidak berinovasi atau berkomitmen untuk memberikan layanan maksimal, maka sulit untuk mempertahankan prestasi tersebut.

"Jadi untuk Embarkasi Makassar, apakah siap mempertahankan sebagai yang terbaik," kata Samidin yang disambut teriakan siap dari para petugas Embarkasi Makassar.

Baca juga: Jamaah Embarkasi Makassar dapat menu khas daerah
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019