JCH Mamuju tetap diberangkatkan melalui Bandara Tampapadang

JCH Mamuju tetap diberangkatkan melalui Bandara Tampapadang

Bupati Mamuju Habsi Wahid (tengah) didampingi Kepala Kantor Kemenag H Syamsuhri (kiri) menyerahkan bendera ke Ketua Kloter 11 Madjid (kanan) saat acara pelepasan JCH. (Istimewa)

Mamuju (ANTARA) - 354 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tetap diberangkatkan menggunakan pesawat dari Bandara Tampapadang menuju Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Mamuju, Muhtar di Mamuju, Senin, mengatakan, JCH Asal Kabupaten Mamuju itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter), kloter 11 yang telah diberangkatkan pada 13 Juli dan kloter 33 yang dijadwalkan berangkat pada 31 Juli 2019.

"Pemberangkatan JCH asal Kabupaten Mamuju ke embarkasi Makassar tetap melalui jalur udara, yakni dari Bandara Tampapadang menuju Bandara Hasanuddin," ujarnya.

Pemberangkatan JCH tersebut, tambahnya sama seperti dua tahun sebelumnya, yakni difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju.

"Para jamaah haji tidak perlu lagi capek naik mobil menempuh perjalanan yang melelahkan sehingga jamaah tidak fokus beribadah. Di tahun 2019 ini, JCH diberangkatkan sama dengan pemberangkatan tahun 2017 dan 2018 menggunakan pesawat terbang," terang Muhtar.

Ia menyebutkan, JCH Mamuju yang terdiri dua kloter itu, yakni kloter 11 dengan sebanyak 270 orang dan kloter 33 sebanyak 84 JCH.

"Dari jumlah tersebut terdapat tiga calon haji gagal diberangkatkan karena meninggal dunia, dan sakit satu orang serta masih dalam perawatan," ujar Muhtar

Sebelumnya Bupati Mamuju, Habsi Wahid saat pelepasan secara resmi JCH itu menyampaikan apresiasinya atas kinerja panitia dalam memberikan pelayanan kepada para JCH tersebut.

Kepada JCH, Bupati mengatakan bahwa hari yang dinanti-nantikan sebagai tamu dan duta dari Allah telah tiba.

"Telah tiba waktunya dengan mempersiapkan apa yang harus dipersiapkan, yaitu dengan niat untuk beribadah kepada Allah semata. Maka dari itu tunaikanlah ibadah haji dengan menghilangkan sifat keduniaan selama menunaikan ibadah haji,” ujar dia.

Bupati mengharapkan JCH senantiasa mendoakan Pemerintah Kabupaten Mamuju khususnya dan Pemerintah Provinsi Sulbar Umumnya, agar pemerintah dapat melaksanakan programnya dan memberangkatkanan JCH dengan pesawat terbang di tahun yang akan datang.

Baca juga: 450 JCH Sulbar diterima PPIH embarkasi Makassar

Baca juga: Kemenag targetkan indeks layanan embarkasi Hasanuddin meningkat

Baca juga: 70 persen jamaah haji di Embarkasi Makassar berisiko tinggi sakit


 
Pewarta : Amirullah
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019