Merupakan apresiasi atas kinerjanya selama menjabat Bupati Serang. Salah satunya telah sukses membangun infrastruktur jalan melalui program 100 kilometer jalan beton per tahun
Serang (ANTARA) - Forum Ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Serang mendeklarasikan dukungan untuk Ratu Tatu Chasanah agar kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Serang 2020, karena dinilai sukses memimpin daerah itu sehingga dinilai layak melanjutkan pada periode kedua.

Pembacaan deklarasi diikuti oleh para ulama, ustadz, dan tokoh masyarakat dari 29 kecamatan di dipimpin Penasihat Forum Ulama Kabupaten Serang KH M. Holil S di Desa Nanggung, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Senin.

KH M Holil menyatakan, Forum Ulama telah sepakat meminta Tatu untuk kembali mencalonkan diri pada Pilkada Kabupaten Serang yang tahapannya akan dimulai akhir tahun ini. Dorongan tersebut disampaikan karena keberhasilan Tatu memimpin selama menjadi Bupati Serang.

Baca juga: Ratu Tatu: masyarakat Banten pasti bela putra daerahnya

Ia menilai, Tatu sangat peduli terhadap program pembangunan bidang keagamaan dan sudah dirasakan positif oleh masyarakat. “Mulai dari perhatian kepada guru ngaji, pemandi jenazah sampai ke guru madrasah, mendapat manfaat program yang selama ini dilakukan Ibu Tatu,” katanya.

Ia menambahkan, Tatu merupakan salah satu Bupati Serang yang memberikan perhatian khusus kepada para penghafal Alquran dengan memberikan beasiswa. “Program pengembangan dan pembangunan pondok pesantren pun sangat baik dilakukan,” kata ulama asal Kecamatan Pabuaran ini.

Holil berharap, program yang dilaksanakan Tatu selama menjabat sebagai Bupati Serang bisa diteruskan pada periode kedua. “Sebagai manusia, tentu Ibu Tatu juga punya kekurangan. Namun jika hanya diberikan kesempatan lima tahun, tentu belum cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan atau masalah di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Serang libatkan Unpad seleksi 363 pejabat

Ketua Forum Ulama Kabupaten Serang, KH A Khudori Yusuf menambahkan, dukungan ulama dan tokoh masyarakat kepada Tatu merupakan apresiasi atas kinerjanya selama menjabat Bupati Serang. Salah satunya telah sukses membangun infrastruktur jalan melalui program 100 kilometer jalan beton per tahun.

“Saat ini sudah 400 kilometer lebih jalan kabupaten yang sudah dibeton. Ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata ulama asal Kecamatan Tunjungteja ini.

Selain itu, kata Khudori, Tatu merupakan sosok pemimpin yang peduli terhadap pesantren salafi melalui program perbaikan dan bantuan pembangunan pondok pesantren. “

Sebelumnya, program pemberdayaan pondok pesantren salafi tidak ada. Setelah Ibu Tatu menjadi Bupati, kepedulian terhadap pondok pesantren salafi dirasakan kalangan ulama atau kiai di Kabupaten Serang, ” imbuhnya.

Kedekatan Tatu dengan ulama tidak bisa diragukan. Setiap kebijakan Tatu kerap melibatkan ulama untuk memberikan pertimbangan sebelum pengambilan keputusan. Kemudian rutin mengundang ulama ke Pendopo Bupati Serang.

“ Sampai ada tawaran dari beliau bahwa Pendopo Kabupaten Serang bisa digunakan oleh para kiai untuk tempat pengajian,” tuturnya.

Ratu Tatu Chasanah saat ini menjabat sebagai Bupati Serang periode 2015 -2020. Sementara tahapan Pilkada Kabupaten Serang dimulai akhir tahun ini dengan pencoblosan pada September 2020.

“Forum ulama dari lintas organisasi, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dari semua kecamatan di Kabupaten Serang sudah sepakat agar Ibu Tatu dua periode,” kata Khudori.

Baca juga: Bupati Serang bantah RSDP pungli korban tsunami

Pewarta: Sambas
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019