Wapres: tujuan Dewan Masjid untuk tingkatkan ibadah umat

Wapres: tujuan Dewan Masjid untuk tingkatkan ibadah umat

Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam acara Halal Bi Halal dan Seminar Sehari Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Jakarta, Rabu (17/7/2019). (Antara/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia  Jusuf Kalla mengatakan DMI hadir dengan tujuan melayani umat sehingga mereka mampu meningkatkan ibadah.

"Tujuan kita di dewan masjid adalah meningkatkan ibadah yang fardu dan juga ibadah sosial kita secara baik," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya di acara Halal Bi Halal dan Seminar Sehari yang digelar dalam rangka milad Dewan Masjid Indonesia ke-47 di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan DMI terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada umat dengan cara meningkatkan fasilitas, keorganisasian dan pelayanan yang lebih baik.

DMI juga, kata dia, memiliki banyak program untuk meningkatkan pelayanan tersebut, dan upaya itu tidak ditujukan untuk sekadar mempercantik masjid, tetapi untuk meningkatkan ibadah umat.

Beberapa perbaikan yang telah dan akan terus diupayakan adalah perbaikan masjid, perbaikan sound system, arsitektur masjid dan juga pelayanan kepada umat.
Baca juga: Dewan Masjid Indonesia akan gelar seminar Islam Rahmatan Lil Alamin
Wapres mengatakan salah satu kelemahan di Masjid saat ini adalah terkait sound system yang bergaung-gaung karena salah pasang.

Karena itu, DMI menyiapkan 120 mobil operasi dengan 500 teknisi untuk melakukan perbaikan.

Program perbaikan tersebut, kata dia, sudah berjalan selama lima tahun dan maksimum pencapaiannya sebesar 10 persen atau sekitar 100 ribu yang sudah diperbaiki, dari sekitar 800 ribu masjid yang ada di seluruh Indonesia.

Wapres mengatakan DMI berencana menambah sekitar 100 mobil operasi agar dapat mencapai 50 persen perbaikan dalam waktu lima tahun mendatang.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga meluncurkan buku pedoman tentang cara membangun masjid yang baik.

Acara Halal Bi Halal dan Seminar Sehari tersebut mengambil tema Islam yang Rahmatan Lil Alamin sebagai modal utama membangun bangsa.

Seminar tersebut dihadiri seluruh ormas Islam, termasuk juga tokoh-tokoh keagamaan dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI sekaligus Cawapres terpilih Prof. Dr. K.H Maruf Amin turut serta memberikan sambutan dalam acara tersebut.
Baca juga: Program Kredit Mesra akan diterapkan di seluruh Indonesia
Baca juga: Dewan Masjid Kalteng gelar lomba kampung Ramadhan berkah se-Kalteng
Pewarta : Katriana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019