Pemerintah Jayawijaya imbau kepala kampung laporkan DAK

Pemerintah Jayawijaya imbau kepala kampung laporkan DAK

Sekda Jayawijaya Yohanis Walilo. (ANTARA News Papua/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengimbau ratusan kepala kampung untuk segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Alokasi Kampung (DAK) 2018.

Sekretaris Daerah Jayawijaya Yohanis Walilo di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan kampung yang mengeluhkan belum cairnya DAK adalah mereka yang belum sampaikan laporan pertanggungjawaban.

"Kendalanya karena laporan pertanggungjawaban penggunaan tahun lalu belum masuk. Akibatnya, untuk 2019 tahap pertama, kedua belum cair," katanya.

Yohanis Walilo memastikan dana tahap pertama tahun 2019 sudah ada tetapi belum dikirim ke rekening pemerintah kampung.

"Harapan kami segera mereka masukkan supaya laporan itu kita kirim ke pemerintah pusat secara kolektif baru dananya masuk," katanya.

Sekda mengatakan pimpinan sudah menginstruksikan agar kampung-kampung yang sudah menyampaikan laporan penggunaan dana kampung 2018 segera diproses pencairan DAK 2019.

"Sesuai petunjuk bupati, kita tidak harus menunggu 328 kampung menyampaikan laporan baru diproses. Kalau ada yang sudah buat pertanggungjawaban penggunaan dana sebelumnya maka langsung dicairkan dana tahap berikut," katanya.

Yohanis mengaku belum mengetahui berapa jumlah kampung yang sudah dan belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban. "Dinas terkait diminta mendorong agar pemerintah kampung segera menyampaikan laporan.*

Baca juga: Dana Alokasi Kampung disepakati membuka jalan di Jayawijaya-Papua

Baca juga: Legislator ingatkan kemajuan kabupaten dimulai dari desa
Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019