Tarif ekspedisi sudah tinggi, sekarang di tambah lagi beban pajak pempek untuk oleh-oleh, mungkin aturan pajak bisa dipertimbangkan lagi oleh Pemkot Palembang
Palembang (ANTARA) - Bisnis pempek di Kota Palembang tertekan kenaikan kargo pesawat sejak awal tahun dan pajak pempek yang diterapkan pemerintah setempat sehingga membuat kalangan UMKM resah.

Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Kota Palembang, Yenny Cek Molek, Rabu, mengatakan rata-rata omset UMKM pempek sudah turun 30 persen akibat kenaikan kargo sejak awal tahun.

"Tarif ekspedisi sudah tinggi, sekarang di tambah lagi beban pajak pempek untuk oleh-oleh, mungkin aturan pajak bisa dipertimbangkan lagi oleh Pemkot Palembang," ujar Yenny.

Berdasarkan data ekspedisi yang pihaknya terima, saat ini pengiriman pempek ke luar kota rata-rata dua ton per hari. Padahal tahun sebelumnya dapat mencapai tiga hingga empat ton per hari.

Sementara pajak pempek yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 84 tahun 2018 tersebut mengharuskan usaha pempek dengan omset Rp3 juta per bulan dikenakan pajak pembeli sebesar 10 persen.

"Pajak 10 persen sebenarnya sudah lama diterapkan karena itu pajak restoran yang memang besar, tetapi jika UMKM beromset Rp3 juta juga dikenakan pajak pembeli, maka akan banyak sekali UMKM yang teriak," jelasnya.

Padahal, kata dia, produksi pempek tengah bergejolak dua tahun terakhir dampak Asian Games 2018 serta didukung imbauan Gubernur Sumsel yang mengharuskan pempek sebagai sajian utama di semua instansi pemerintahan.

Sehingga pajak tersebut dirasa tidak beriringan dengan semangat mengembangkan pempek, apalagi pempek baru saja mendapatkan predikat kuliner untuk kota kreatif dari Bekraf RI.

"Pada dasarnya program pajak pemerintah kami dukung, namun para penjual pempek ingin klasifikasi yang dikenakan pajak itu jelas dan terukur dengan omset perbulan, karena sudah banyak keluhan yang kami terima terkait penurunan omset imbas informasi pajak pempek itu," kata Yenny.

Baca juga: Bisnis pempek dalam jaringan PT Pos Indonesia tumbuh pesat

Baca juga: Pengiriman pempek Palembang lewat kargo terus menurun

Baca juga: Penjualan pempek palembang meningkat dratis karena Asian Games

 

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019