Pasar alat elektronik rumah tangga diprediksi meningkat pada 2019

Pasar alat elektronik rumah tangga diprediksi meningkat pada 2019

Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia Kenji Sadayuki. (ANTARA/Subagyo)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan multinasional di bidang alat elektronik rumah tangga asal Jepang, AQUA Japan, memprediksi pasar produk tersebut di Tanah Air akan meningkat pada tahun ini.

Presdir AQUA Japan Indonesia Kenji Sadayuki mengatakan, pada kuartal pertama 2019 pasar elektronik di Indonesia meningkat 5,2 persen setelah tahun lalu mengalami penurunan sebagai dampak pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar AS.

"Kami berharap ini dapat menjadi awal yang lebih baik untuk terus terjadinya pertumbuhan pasar yang lebih positif selama 2019," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Sadayuki mengatakan, pada 2018 penjualan perusahaan tumbuh sebesar 28 persen dibandingkan 2017 dengan kontribusi terbesar dari produk cold chain kemudian pendingin ruangan dan lemari es.

"Pada 2019 ini kami optimistis pasar untuk peralatan elektronik rumah tangga akan kembali meningkat," katanya saat media kick off 2019.

Berbagai upaya dilakukan perusahaan asal Jepang yang awalnya bernama Sanyo itu untuk mendongkrak penjualan pada tahun ini, antara lain memperluas penjualan produk mid-high atau masyarakat kelas menengah ke atas dengan target pertumbuhan 32 persen.

Sadayuki mengatakan strategi memperkuat pasar mid-high terbukti pada kuartal pertama 2019 sukses mendongkrak angka penjualan produk perusahaan yakni meningkat 29,4 persen dibandingkan periode sama 2018.

"Secara keseluruhan kami memasang target peningkatan penjualan sebesar 28 persen dari 2018," katanya.

Sementara itu, Executive General Manager Sales Division AQUA Japan Indonesia Fajar Surya menyatakan, selain memperkuat pasar menengah ke atas, pihaknya juga akan melebarkan pemasaran ke luar Jawa yaitu Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga: Kemenperin: Indonesia bisa jadi hub industri elektronika Taiwan
Baca juga: Menperin: investasi meningkat, industri elektronika semakin kuat

Baca juga: Optimalkan TKDN, Kemenperin optimis investasi elektronik makin marak
Pewarta : Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019