Akan ada dana APBN yang kita berikan pada (proyek dermaga) di Sanur untuk pembangunan infrastruktur dasar
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Ba (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan infrastruktur dasar dalam proyek dermaga penyeberangan di Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Lembongan, Bali, akan menggunakan dana bersumber dari APBN.

"Akan ada dana APBN yang kita berikan pada (proyek dermaga) di Sanur untuk pembangunan infrastruktur dasar," ujar Budi Karya Sumadi di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Jumat.

Ia menambahkan untuk infrastruktur dasar dalam proyek dermaga penyeberangan di Nusa Penida dan Nusa Lembongan juga akan menggunakan APBN, di mana berdasarkan hasil peninjauan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, sarana infrastuktur itu memang dibutuhkan di kedua pulau tersebut.

Baca juga: Menhub Budi Karya tinjau rencana pembangunan Pelabuhan Sanur

Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur tambahan dalam proyek dermaga penyeberangan ini, akan dilakukan dengan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU agar lebih profesional.

Menhub ingin pembangunan dermaga penyeberangan itu seperti bandara di Labuan Bajo yang mengundang investor dari berbagai negara, agar berstandar internasional.

"Di sini saya memperkirakan (nilai investasinya) minimal Rp300 miliar sampai dengan Rp500 miliar," kata Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Nakhoda pelayaran di Sanur-Bali diingatkan kondisi cuaca memburuk

Baca juga: Kunjungan wisatawan mancanegara di Bali meningkat jelang libur Lebaran



 


Pembangunan dermaga penyeberangan di ketiga lokasi itu diharapkan selesai pada tahun 2021.

Rencana pengembangan kawasan dermaga penyeberangan di Sanur akan terdiri dari rencana pembangunan area pejalan kaki, pengembangan ruang hijau, bangunan service kapal dan pengembangan gedung parkir.

Selain itu pengembangan kawasan dermaga penyeberangan itu juga akan meliputi rencana pembangunan terminal pelabuhan, pemecah ombak, stasiun dan jalur autonomous rail rapid transit (ART) serta rencana pengembangan lahan jangka panjang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Bali pada Jumat (26/7) untuk meninjau sejumlah proyek infrastruktur transportasi sebagai pendukung sektor pariwisata di Bali.

Menhub meninjau sejumlah proyek seperti proyek pengembangan Dermaga Penyeberangan Sanur, proyek Dermaga Cruise di Tanah Ampo dan rencana pembangunan bandara di Bali Utara

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019