Pers berperan mewujudkan pemimpin berkualitas

Pers berperan mewujudkan pemimpin berkualitas

Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan. (Foto ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Anggota Dewan Pers Asep Setiawan mengatakan pers mempunyai peran yang sangat penting dalam mewujudkan pemimpin yang berkualitas bagi bangsa dan negara.

"Media massa mempunyai peran besar dalam menciptakan pemimpin berkualitas, baik pada pemilu maupun pada pilkada," kata Asep Setiawan di Kendari, Jumat.

Baca juga: Perusahaan dan organisasi pers di Sultra diverifikasi Dewan Pers

Namun, menurut Asep, media massa bisa menciptakan berita yang berkualitas, jurnalisnya harus berkualitas dan selalu menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik, dan profesional.

"Peliputan pilkada nanti harus menyajikan berita yang bermutu, harus fokus pada karya dan pemikiran para kandidat yang ikut pemilihan," kata Asep.

Baca juga: Pilkada 2020, Dewan Pers ingatkan media tak sulut perpecahan

Selain itu, kata dia, media massa harus memberitakan rekam jejak dari setiap kandidat, agar masyarakat bisa mengetahui calon mana nanti yang akan dipilihnya.

Dia berharap media massa yang ada di Indonesia dalam melakukan kegiatan jurnalistik selalu mengacu pada prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, berimbang, adil, dan independen.

"Dengan begitu pers dalam meliput kegiatan demokrasi tidak hanya memberitakan, tetapi juga memberikan landasan pembangunan bagi demokrasi di Indonesia," katanya.
Pewarta : Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019