Jakarta (ANTARA) - Indonesia mendorong Amerika Serikat (AS) membantu penyelesaian isu Palestina, dalam Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-AS di Bangkok, Thailand, Kamis (1/8).

“Isu Palestina sangat dekat di hati masyarakat Indonesia”, kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Dengan kapasitas yang dimilikinya, AS diharapkan dapat membantu Palestina dalam mewujudkan perdamaian yang adil dan mewujudkan impian bangsa Palestina untuk merdeka, berdasar penyelesaian dua negara (two-state solution).

Peran AS untuk membantu penyelesaian konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina menjadi sangat penting karena selama ini AS berpihak pada Israel.

Bahkan di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, AS telah mengumumkan pengakuannya atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Padahal, wilayah ini masih diperebutkan oleh Israel dan Palestina karena kedua negara tersebut sama-sama mengklaim Jerusalem sebagai ibu kotanya.

Keputusan AS banyak dikecam negara-negara di dunia karena dinilai bertentangan dengan resolusi PBB dan hukum internasional, mengingat Jerusalem adalah salah satu isu utama dalam konflik Israel-Palestina.
Baca juga: DPR RI tegaskan kembali dukungan untuk perjuangan Palestina
Baca juga: DPR RI tegaskan kembali dukungan untuk perjuangan Palestina
Baca juga: AS tidak minta negara-negara Asia Tenggara memihak

Selain isu Palestina, dalam pertemuan yang dihadiri Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo itu, Menlu Retno juga berbicara mengenai isu Indo-Pasifik.

Ia menjelaskan bahwa negara anggota ASEAN telah mengadopsi Wawasan (outlook) ASEAN mengenai Indo-Pasifik yang mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati perdamaian, budaya dialog, dan memperkokoh kerja sama di kawasan ini.

“Wawasan ini akan menjadi panduan dan alat bagi ASEAN untuk memberikan kontribusinya bagi pencapaian perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia. Dan saya sampaikan bahwa ASEAN selalu ingin berusaha menjadi bagian dari penyelesaian masalah,” kata Retno.

Di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian dan banyak tantangan, Menlu Retno menekankan pentingnya kerja sama internasional termasuk antara ASEAN dan AS untuk mewujudkan dunia yang lebih baik bagi semua.
Baca juga: Presiden Jokowi titip isu Palestina kepada Sekjen PBB
 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019