Kira-kira kami membagikan 100 masker, ini gerakan kami peduli terhadap masyarakat yang terpapar polusi udara
Jakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa melakukan pembagian masker secara cuma-cuma kepada pengemudi kendaraan bermotor di wilayah Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat.

"Kira-kira kami membagikan 100 masker, ini gerakan kami peduli terhadap masyarakat yang terpapar polusi udara," kata Manajer Advokasi Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ketua Komisi D DPRD DKI minta Anies pertimbangkan solusi hujan buatan

Haryo menjelaskan alasan Dompet Dhuafa membagikan masker di daerah Pejaten Barat karena menurut data AirVisual, Pejaten merupakan daerah dengan kualitas udara terburuk ketiga di Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Masker yang dibagikan merupakan masker dengan kualitas tinggi atau dikenal dengan masker N95 uang mampu menyaring partikel berukuran 95 mikron.

Manajer Lingkungan Dompet Dhuafa Syamsul Ardiansyah juga mengatakan acara serupa akan dilakukan kembali di beberapa titik di wilayah Jakarta.

"Kemungkinan waktu CFD nanti kita akan bagi- bagi masker gratis juga," kata Syamsul kepada Antara.

Dompet Dhuafa memiliki kampanye #jangantakutbernapas mengingat masyarakat DKI Jakarta memiliki hak untuk menghirup udara bersih di Ibu Kota.

Berdasarkan laman Air Visual kualitas udara di Pejaten Barat termasuk dalam golongan tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan indeks di angka 124 berdasarkan AQI.

Baca juga: Dinas LHK DKI proses satu ton lebih sampah elektronik
Baca juga: Gubernur: 2020 kendaraan umum beroperasi maksimal usia 10 tahun

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019