Jakarta, (ANTARA Jambi) - PT Perkebunan Nusantara diminta beternak sapi sambil mengelola perkebunan guna memenuhi target ternak 100 ribu sapi oleh BUMN pada 2012.

"Untuk mencapai target BUMN tahun ini, khususnya yang terkait dengan ternak sapi, saya mengimbau seluruh PTPN untuk beternak sapi sambil mengelola perkebunan," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Permintaan tersebut disampaikan dalam acara seminar nasional bertajuk "Pemanfaatan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Rakyat" di Jakarta, Minggu.

Menurut Dahlan, salah satu faktor yang menyebabkan peternak kurang bersemangat untuk beternak sapi adalah mahalnya harga makanan untuk sapi-sapi tersebut.

Ada studi yang menyebutkan pelepah kelapa sawit bisa diolah dan kemudian dijadikan makanan untuk ternak sapi. Diyakini PTPN sawit bisa dimanfaatkan sebagai lahan peternakan sapi.

"Kami menghimbau setiap PTPN bisa beternak sekitar 30 ribu ekor sapi, sehingga target BUMN untuk beternak 100 ribu sapi bisa terpenuhi," katanya.

Misalnya, PTPN I bisa ternak 15 ribu sapi, sementara PTPN III bisa 30 ribu sapi, dipastikan 100 ribu ekor sapi bisa diproduksi pada 2012.

"Tahun depan saya menargetkan total produksi sebanyak 300 ribu ekor sapi," kata Dahlan.

Menurut Dahlan, BUMN perkebunan memiliki laba besar dari hasil-hasil usahanya, sehingga tidak akan sulit untuk melakukan investasi dalam bentuk peternakan sapi.

(T.R027)

 
 

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012