Jambi (ANTARA Jambi) - Harimau Sumatera bernama Piter yang lepas dari kandangnya di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi pada Senin sekitar pukul 08.45 WIB sempat berputar-putar di luar kandangnya.

Pengunjung yang melihat harimau jantan itu berada di luar kandang menjadi panik dan berteriak "harimau lepas", hingga membuat pengunjung lainnya berlari keluar areal kebun binatang.

Setelah berkeliaran hampir selama dua jam di sekitar kebun binatang, akhirnya pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi berhasil melumpuhkan hewan tersebut dengan obat bius yang dilepaskan dari tulup.

Pihak BKSDA Jambi memberikan sekitar delapan cc obat bius dosis tinggi kepada harimau tersebut guna melumpuhkannya baik melalui dua ekor ayam yang dimakannya lebih dahulu, maupun dengan menggunakan suntik isi obat bius yang dilepaskan dari tulup oleh pegawai BKSDA.

"Sebelum ditulup, dua ekor ayam hidup yang sudah diberi obat bius juga diberikan kepada Piter untuk dimakan. Selama setengah jam obat bius tersebut bereaksi dan akhirnya harimau pingsang dan langsung dibawa masuk kembali ke dalam kandangnya," ujar Tri Siswo, Kepala BKSDA Jambi.

Seperti diberitakan, seekor harimau Sumatera jantan berusia enam tahun bernama Piter, lepas dari kandnagnya, namun akhirnya berhasil dilumpuhkan dengan obat bius yang dilepaskan dari tulup milik BKSDA Jambi.

Diduga harimau lepas karena faktor "human error" setelah sang pawang bernama Eko tidak teliti untuk menutup kandangnya.

Pihak pengelola kebun binatang dibantu polisi dan BKSDA Jambi langsung turun kelapangan dan mencoba untuk menghalau dengan mengisolasi kawasan tersebut.

Selama hampir dua jam lebih sang raja hutan tersebut berkeliaran di luar kandang menjadi tontotan warga yang khawatir bila lepas dan menuju kekawasan perumahan masyarakat sekitar kebun binatang.

"Kami khawatir dan cemas Pak, bila sampai harimau tersebut tidak bisa ditangkap dan keluar dari kebun binatang hingga masuk keperkampungan warga setempat," kata Pipit warga Pall Merah Jambi yang rumahnya terletak berdampingan dengan kebun binatang tersebut.

Warga di beberapa RT yang ada sekitar kebun binatang itu sudah sudah terlihat bersiap-siap untuk menutup pintu rumahnya bila harimau itu menuju kawasan perumahan warga sekitar.

Kejadian lepasnya harimau Sumatera salah satu peliaraan dan koleksi kebun binatang Taman Rimba Jambi itu merupakan yang pertama kalinya terjadi, dan ke depan pihak PUTD Kebun binatang akan melakukan evaluasi kembali atas kelalaian tersebut. (T.N009)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012