Jambi (ANTARA Jambi) - Warga Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, harus menunggu lama atau mencari peluang di daerah lain agar bisa menunaikan ibadah haji pada 2013, sebab daerah itu pada tahun tersebut hanya mendapat kuota haji sebanyak 84 orang.

Kuota haji di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) hanya 84 orang atau berkurang dari kuota sebelumnya sebanyak 136 orang, kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanjabtim Syaripuddin ketika dihubungi, Selasa.

Minimnya kuota haji Tanjabtim 2013 disebabkan tata cara pendaftaran jemaah calon haji (JCH) yang harus disesuaikan dengan nomor urut.

"Ini sesuai instruksi Kemenag Provinsi Jambi. Jadi kuota setiap kabupaten/kota disesuaikan dengan pendaftaran di Kemenag Provinsi Jambi. Apabila mendaftar lebih awal tentunya kuotanya lebih besar, begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Menurut dia, rata-rata kuota haji di Tanjabtim setiap tahun di atas 100 orang, pada 2011 sebanyak 116 orang., sementara kuota tahun ini sebanyak 136 orang.

Ia mengaku bahwa pengajuan JCH Tanjabtim termasuk yang terlambat dibanding kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jambi, karena ada sejumlah persyaratan bagi JCH terlambat diajukan di Kemenag Tanjabtim, sehingga pengajuan JCH di Kemenag Provinsi Jambi juga terlambat.

Kuota 2012 ini merupakan JCH yang didaftarkan pada 2008 lalu," katanya.
(T.KR-BS)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012