Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Timur Zumi Zola Zulkifli beserta istri Sherrin Tharia Zola Selasa (26/6) melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Muarasabak Timur.

Salah satu agenda yang dilakukan antara lain melakukan panen perdana ikan bandeng di Desa Alang-Alang, sekaligus menebar benih ikan serta memberikan bantuan berupa pakan ikan dan peralatan tambak dan bantuan sosial lainnya.

Bupati juga menghadiri sosialisasi pembangunan jaringan listrik masuk desa di Kelurahan Rantau Makmur Kecamatan Berbak, serta berdialog secara langsung dengan masyarakat terkait sejumlah program pembanguan di Kabupaten Tanjabtim.

Dalam sambutannya Zumi Zola memberikan apresiasi positif atas keberhasilan warga Desa Alang-Alang dalam mengelola tambak udang yang merupakan bantuan dari Pemkab Tanjabtim.

Zumi Zola mengatakan, secara umum potensi perikanan budidaya khususnya budidaya air payau (tambak) tercatat seluas 14.000 hektare lahan yang dapat dimanfaatkan, namun sebagian besar belum dimanfaatkan.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat khususnya daerah pesisir yang melakukan aktivitas penangkapan di laut.

"Ke depan kita harus mulai mengubah pemikiran kita yang semula melakukan aktivitas di laut menjadi pembudidaya dan pengolah hasil produk perikanan," ujarnya.

Menurut Zola, ada beberapa alasan mengapa kegiatan budidaya ikan ini menjadi prioritas, antara lain hasil tangkapan lambat laun akan semakin berkurang sehingga perlu dilakukan diversifikasi usaha produksi kea rah budidaya,

Kemudian sesuai visi dan misi pembangunan Kabupaten Tanjabtim dalam rangka meningkatkan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan produktifitas pertanian, perkebunan perikanan dan kelautan perdagangan pariwisata dan sektor jasa lainnya, serta dalam rangka ikut serta menyukseskan program kementerian kelautan yakni menjadi produsesn terbesar produk kelautan dan perikanan 2015.

"Untuk melakukan pengelolaan sector kelautan dan perikanan perlu dilakukan tindakan perlindungan dan pelestarian lingkungan yakni dengan pembuatan shelter di titik lokasi tertentu serta pemulihan sumber daya ikan di perairan dengan kegiatan restocking," jelasnya.  

"Dalam kesempatan itu Zumi Zola juga menyampaikan kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha di bidang perikanan dengan niat bersungguh-sungguh penuh tanggung jawab untuk dapat mengajukan proposal dalam hal ini bisa meminta bantuan kepada aparat pemerintah di desa/kelurahan dan kecamatan atau PPL.(adv) 

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012