Jambi, (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, menyiapkan lokasi pembangunan kota terpadu mandiri di Kecamatan Bathin III Ulu.

"Dari awal tahun kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Mudah-mudahan memasuki Juli 2012 upaya pembebasan lahan sudah bisa dimulai," kata Kabid Transmigrasi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bungo Hj. Annalukita di Muarabungo, ibu kota Kabupaten Bungo, Kamis.

Menurut dia, untuk pembangunan lokasi KTM tersebut, Pemkab Bungo membutuhkan lahan seluas kurang lebih 28 hektare. Di lokasi tersebut akan dibangun beberapa fasilitas khusus bagi pengembangan sumber daya masyarakat seperti, Islamic Center, pusat bisnis, kawasan terbuka, grand house, sarana belajar dan fasilitas umum lainnya.

"Untuk pembebasan lahan ini, Pemkab Bungo akan mendapatkan suntikan dana dari APBN senilai kurang lebih Rp1 miliar," katanya.

Lebih lanjut Anna mengatakan, untuk menindaklanjuti program tersebut, Pemkab Bungo sebelumnya telah membentuk tim khusus dalam upaya pembebasan lahan serta sosialisasi ke masyarakat.

Dengan KTM, kata dia, masyarakat bisa lebih meningkatkan sumber daya yang ada, baik dari sisi ekonomi, kemasyarakat, agama dan pendidikan.

"Mengingat, dalam lokasi KTM akan ada berbagai fasilitas yang dibangun dan bisa digunakan oleh masyarakat baik sebagai sarana belajar, pengembangan diri maupun transaksi ekonomi," jelasnya.

Anna menambahkan, khusus untuk fasilitas di lokasi KTM, Pemkab Bungo juga akan menerima alokasi bantuan APBN senilai kurang lebih Rp1,2 miliar.

"Jadi total bantuan APBN yang akan diterima untuk pembangunan KTM di Bungo ini mencapai Rp2,2 miliar. Dimana ini untuk tahap awal. Mudah-mudahan tidak ada kendala sehingga proses pembangunan KTM bisa berjalan dengan baik dan lancar," katanya.(T.KR-BS)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012