Jakarta (ANTARA Jambi) - Pakar kardiologi dari Rumah Sakit Jantung Binawaluya dr Agus Riawan, SpJP mengatakan, penyakit serangan jantung pada saat ini mulai banyak mengincar kalangan muda akibat gaya hidup yang kurang sehat.

"Serangan jantung kini bukan hanya terjadi pada usia tua, bahkan remaja juga bisa terkena penyakit yang menyebabkan kematian tersebut," kata Agus Riawan di Jakarta, Rabu.

Pihaknya pernah menangani pasien serangan jantung yang berusia 13 tahun.

"Usia 13 tahun pernah, usia 30 tahun juga pernah, dan ini membuktikan bahwa serangan jantung tidak hanya terjadi pada kalangan berusia tua," katanya.

Untuk menghindari penyakit jantung, masyarakat harus lebih waspada terhadap gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat.

"Banyak yang tidak menyadari jika kadar kolesterolnya tinggi karena tidak memiliki gejala tertentu," katanya.

Kelebihan kolesterol dalam tubuh bisa mengakibatkan berbagai penyakit mematikan seperti stroke dan jantung, bahkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kematian mendadak.

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari betul bahaya dari makanan-makanan lezat yang mereka gemari, karena lezat belum tentu sehat.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2007, prevalensi penyakit stroke di Indonesia sebesar 0,8 persen, yang dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan.(W004)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012