Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, menjamin stok daging selama Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

Kepala Dinas Peternakan Tanjung Jabung Timur Rajito ketika dihubungi Minggu, mengatakan selama Ramadhan hingga Idul Fitri 2012 pemerintah daerah  menyiapkan 373 ekor sapi, 14 ekor kerbau dan 277 ekor kambing.

"Rata rata pemotongan ternak tersebut selama Ramadhan antara 70-76 ekor sapi dan lima sampai enam ekor kerbau," ujarnya.

Selain stok khusus yang disiapkan Pemkab Tanjung Jabung Timur,  masyarakat di kabupaten paling timur Provinsi Jambi itu juga memiliki stok daging.

"Sebagian masyarakat secara swadaya membeli sapi atau kerbau untuk dipotong memenuhi kebutuhan daging menjelang Idul Fitri," ujarnya.

Hal ini terus terjadi setiap Ramadhan dan Idul Fitri, sehingga kebutuhan daging di daerah ini  aman setiap Ramadhan.

Untuk menjamin keamanan ternak maupun daging di Tanjung Jabung Timur, Dinas Peternakan sebelumnya telah membentuk tim khusus yang terdiri atas dokter hewan, paramedis puskeswan, serta kepala pengawasan ternak di setiap kecamatan.

Tim tersebut bertugas melakukan pemantauan terhadap ketersediaan stok daging maupun lalu lintas ternak di pasar, kemudian memantau fluktuasi harga serta melakukan inventarisasi jumlah ternak yang dipotong setiap hari.

"Tim ini juga bertugas melakukan pemantauan dan tindakan preventif untuk mengidentifikasi dan menolak ternak yang tidak teruji secara klinis atau yang dikenal dengan istilah daging gelonggongan," katanya.

Ia mengatakan, stelah sepekan puasa, pihaknya belum menemukan adanya ternak gelonggongan yang beredar di daerah ini. Diharapkan masyarakat juga lebih teliti saat membeli ternak maupun daging. Laporkan apabila menemukan daging atau ternak yang dinilai tidak layak konsumsi. (Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012