Jakarta (ANTARA Jambi) - Pemotor Indonesia Jeffrey Polnaja alias Kang JJ nekad menjelajahi jalur Trans Siberia seorang diri dimulai dari Lapangan Merah, Moskwa, menuju Vladivostok di Timur Jauh Rusia yang jaraknya mencapai 9.000 km.

Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskwa Enjay Diana dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin, menjelaskan sejumlah pejabat KBRI melepas keberangkatan Jeffrey di Lapangan Merah diiringi dentangan jam raksasa di menara Spasskaya atau Saviour Tower, yang berdiri kukuh di kawasan Kremlin.

Sebelum meninggalkan Moskwa, sepeda motor jenis BMW R1150GS yang ditunggangi pria yang akrab disapa Kang JJ ini parkir di Lapangan Vasilyevsky Spusk dekat Gereja St. Basil, Lapangan Merah. Di samping lapangan tersebut adalah Kremlin, Istana Presiden Federasi Rusia. Antara Kremlin dan Lapangan Merah hanya dibatasi benteng berwarna merah yang berdiri kokoh.

Kang JJ yang mengenakan celana panjang hitam dan jaket hitam bergaris merah di lengan kiri dan kanannya siap menempuh perjalanan jauh. Selain itu, motornya yang berplat nomor B 5010 JP dalam kondisi baik dan telah dilakukan pengecekan beberapa hari sebelumnya.

Dalam misi "Ride for Peace" tahap kedua ini, Rusia merupakan negara ketujuh yang disinggahinya. Titik awal perjalanannya dari Paris, Prancis tanggal 25 Juni 2012. Negara-negara yang disinggahi  sebelumnya adalah Belgia, Belanda, Jerman, Polandia dan Belarus. Total jarak yang telah ditempuh sekitar 7.200 km.

Jarak enam negara sebelumnya ini dapat dikatakan "pemanasan awal". Perjalanan panjang selanjutnya yang masih di wilayah Rusia sangat menantang. Tidak tanggung-tanggung jalur yang ditempuh dengan jarak sekitar 9.000 km adalah Trans Siberia dari Moskow di sebelah barat Rusia menuju Vladivostok di wilayah Timur Jauh Rusia dengan singgah di Astana (Kazakhstan) dan Ulan Bator (Mongolia).

Menurut Kang JJ, perjalanan ini akan dibagi dalam tujuh tahapan, yaitu Moskow - Chelyabinks, Rusia (1.880 km); Chelyabinks, Rusia - Astana, Kazakhstan (1.020 km); Astana, Kazakhstan - Irkutsk, Rusia (1.093 km); Irkutsk, Rusia - Ulan Bator, Mongolia (859 km); Ulan Bator, Mongolia - Chita, Rusia (1.113 km); Chita, Rusia - Khabarovsk, Rusia (2.100 km); dan Khabarovsk, Rusia - Vladivostok, Rusia (760 km).

Banyak suka dan duka, serta pengalaman yang dialami Kang JJ selama dalam misinya. Salah satunya  pengalaman pahit kehilangan motornya sewaktu berada di Amsterdam pada Mei 2012. Untuk melanjutkan misinya itu, Kang JJ terpaksa harus mengganti dengan motor baru dan mengurus administrasinya lagi.

"Ride for Peace" Kang JJ tahap kedua ini direncanakan akan menjelajahi sekitar 30 negara mulai dari Prancis di benua Eropa, benua Amerika dan Australia, hingga berakhir di Timor Leste dan kembali ke Indonesia pada tahun 2014. Sebelumnya, pada tahun 2006 hingga 2008, dalam misinya tahap pertama Kang JJ telah menjelajah 72 negara mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012