Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus  mengatakan, APBD setempat pada tahun 2013 melampaui target yang telah mereka tetapkan.

Menurut Gubernur di Jambi, Kamis, APBD Provinsi Jambi tahun 2013 mencapai Rp2,6 triliun dengan rincian untuk Belanja Langsung mencapai Rp1,3 triliun dan Belanja Tidak Langsung mencapai Rp1,2 triliun.

"Secara umum APBD Jambi mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan jumlah ini melampaui target yang ditetapkan," katanya usai penetapan Ranperda penetapan APBD Provinsi Jambi tahun 2013 di gedung DPRD Provinsi Jambi.

"Dengan peningkatan itu otomatis ada pula peningkatan anggaran bagi SKPD untuk program yang mereka jalankan. Peningkatan utamanya untuk infrastruktur di Dinas PU dan pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," lanjut Gubernur.

Pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp500 miliar lebih untuk infrastruktur, baik pembangunan maupun perawatan fisik di daerah tersebut.

"Alokasi ini terbesar dalam APBD 2013 untuk pengerjaan fisik/infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi. Anggaranya mencapai Rp500 miliar, termasuk di dalamnya pembangunan jalan, perumahan, pengairan dan pemeliharaan jalan," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi Ivan Wairata sebelumnya mengatakan, dari alokasi dana untuk Dinas PU dalam APBD 2013, 60 persennya akan digunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan.

Pengerjaan infrastruktur jalan yang utama adalah meneruskan proyek perbaikan jalan yang diprogram secara tahun jamak (multiyears), seperti jalan di Jangkat Kabupaten Merangin, Desa Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung, Jalan Tempino-Muara Bulian Kabupten Batanghari, dan jalan di Kerinci.

"Secara umum perbaikan dan pembangunan jalan di berbagai daerah di Jambi ini masuk dalam skala prioritas. Sebab kondisi di lapangan memang menunjukkan kebutuhan mendesak terhadap infrastruktur jalan," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012