Jambi (ANTARA Jambi) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Jambi, sampai November 2012 telah menyalurkan pembiayaan mikro sebesar Rp54,3 miliar kepada 1.028 usaha mikro kecil (UMK) di daerah itu.

Kepala Cabang PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Jambi Wire Ariyayudanto ketika dihubungi, Rabu, menjelaskan, selain memberikan bantuan pembiayaan, pihaknya juga memberikan beberapa pelatihan kepada pengusaha UMK.

Diharapkan, dengan pelatihan dan bimbingan itu, UMK dapat mengembangkan usahanya dan meningkatkan kualitas produknya.

"Kita tidak sekedar memberikan bantuan modal, tapi setelah menerima modal, kita juga memberikan bimbingan dan pelatihan kepada UMK, sehingga usaha mereka dapat terus berkembang, bahkan kualitas produknya juga meningkat," katanya.

Menurut dia, dengan meningkatnya kualitas produk, diharapkan produk UMK dapat bersaing dengan produk-produk lain di pasaran.

Wire juga menyatakan pelatihan-pelatihan pengembangan usaha kepada pengusaha UMK ini akan diperbanyak setiap tahunnya, setidaknya diadakan tiga kali dalam setahun.

PNM selain berkomitmen untuk memotivasi UMK agar mengoptimalkan potensi sumber daya alam di daerah masing-masing, juga berupaya meningkatkan potensi penunjang bisnis seperti komunikasi pemasaran melalui metode "hypnoselling", ujarnya.

PT PNM Cabang Jambi saat ini memiliki dua klaster serta 10 unit layanan modal mikro (ULaMM) yang tersebar di seluruh Provinsi Jambi, dan pada 2013 akan membuka kembali dua ULaMM untuk mempermudah pelaku UMK dalam mengakese pembiayaan mikro.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM Arief Mulyadi mengatakan, secara nasional, BUMN itu telah menyalurkan dana pembiayaan mikro sebesar Rp6,9 triliun kepada 135 ribu UMK di seluruh Indonesia.

PNM mengambil peran untuk membantu UMK agar usahanya dapat terus berkembang sekaligus meningkatkan kualitas produknya.

"Sudah ada beberapa UMK di beberapa daerah yang kini mengekspor produknya setelah mendapatkan bantuan modal dan pelatihan serta motivasi yang diberikan PT PNM," kata Arief.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012