Jakarta (ANTARA Jambi) - Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi mengatakan ANTARA bertekad akan menjadi "raja" portal di Indonesia dengan pengembangan bisnis berbasis konten teks maupun foto.

"Kami terus berjuang untuk bertahan sebagai terjemahan dari visi ANTARA untuk memperkuat posisinya sebagai kantor berita multimedia yang memproduksi teks, foto dan online," kata Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi dalam sambutan ulang tahun ANTARA di Jakarta, Kamis.

Sampai saat ini sudah ada 22 provinsi yang mempunyai portal lokal dan di tahun 2013 ditargetkan semua biro provinsi LKBN ANTARA akan memiliki portal.

Hal itu menurut dia akan menjadikan ANTARA memiliki portal berita di 33 provinsi di seluruh perwakilannya.

"Portal ANTARA di daerah dan TV ANTARA tentu bisa menjadi pendulang pendapatan cukup besar dengan efisiensi dan peningkatan mutu serta produktivitas," ujarnya.

Menurut dia, untuk biro luar negeri LKBN ANTARA, portal WWW.ANTARAKL.COM sudah lebih dulu berkembang dan menyusul akan membangun portal berita bahasa Inggris. Hal itu menurut Saiful melalui kerja sama dengan konsorsiun AAP Australia, Kyodo News Jepang, dan Bernama Malaysia.

Untuk TV, dia menjelaskan bahwa ANTARA akan menjadi penyedia konten untuk berbagai tv lokal dan nasional, TV digital, dan portal-portal video streaming. ANTARA TV akan mengarah menjadi TV poll di Istana Kepresidenan dan tempat-tempat penting lain.

"Untuk foto, LKBN ANTARA akan menjadikan biro foto ANTARA menjadi kantor berita foto Indonesia," katanya.

Saiful Hadi mengatakan, ANTARA sedang merancang membangun pusat jurnalistik media yang akan dibangun di kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat. Rencana itu berhasil terwujudkan setelah ANTARA mendapatkan surat keputusan dari Badan Pertanahan Nasional tentang Hak Guna Bangunan atas nama Perum LKBN ANTARA sebagai dasar penerbitan sertifikat.

"Untuk itu kami mohon dukungan dari segala pihak untuk terwujudnya impian yang juga akan banyak menyumbang bagi dunia jurnalistik multimedia di tanah air," katanya.

Dalam peringatan HUT Perum LKBN ANTARA itu turut dihadiri Ketua DPR Marzuki Ali, Mantan Dirut ANTARA Parni Hadi, Mohammad Sobari, Asro Kamal Rokan dan Ahmad Mukhlis Yusuf.

Selain itu dihadiri anggota Dewan Pengawas ANTARA, perwakilan dari Kantor Berita Bernama Malaysia, Kyodo Jepang, Iran News Agency.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012