Jakarta (ANTARA Jambi) - Kementerian Koperasi dan UKM mengagendakan empat pameran besar berskala nasional dan internasional selama 2013 bagi UKM di Indonesia agar bisa memamerkan produk-produknya sekaligus memperluas jejaring pasar mereka.

"Tahun ini kami sudah mempersiapkan empat pameran besar bagi UKM," kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Neddy Rafinaldi.

Empat pameran itu adalah Pameran Koperasi dan UKM, Festival Fesyen dan Asesoris, Pameran Makanan dan Minuman Kemasan, serta Indonesia International SME Exhibition.

Empat pameran itu belum termasuk dukungan partisipasi UKM binaannya untuk turut serta dalam pameran lain.

"Ada pameran lain yang juga akan kita jadikan wadah bagi UKM untuk berpameran," katanya.

Pihaknya akan memfasilitasi UKM binaan untuk ikut dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI), pameran dalam rangka APEC, dan 30 pameran di daerah.

"Ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku koperasi dan UMKM untuk memperluas jejaring pemasarannya dengan mengikuti pameran yang baik," katanya.

Rencananya, pada tahun ini pula kementeriannya akan memfasiltasi UKM untuk turut serta mengikuti 15 pameran di 12 negara sepanjang tahun, dua di antaranya pameran dalam negeri berskala besar tingkat internasional yakni IFFINA dan TEI.

Pada 2012, pihaknya telah memfasilitasi 194 KUKM pada 29 pameran potensial di dalam negeri.

Nilai transaksi yang tercatat mencapai Rp5,98 miliar terdiri atas transaksi ritel Rp3,68 miliar dan transaksi order Rp2,28 miliar.

"Dengan fasilitasi promosi ini diharapkan KUKM mampu menguasai pasar lokal, regional, dan berdaya saing pada pasar internasional," demikian Neddy.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013