Jambi (ANTARA Jambi) - Keberadaan jalan usaha tani menjadi usulan prioritas pembangunan tahun 2014 untuk 10 desa yang berada di Kecamatan Cermin nan Gedang (CNG), Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Berdasarkan pertimbangan mayoritas pemukiman masyarakat desa di
Kecamatan CNG yang berada di pinggiran Sungai Batang Tembesi dan Batang Limun, maka ke-10 desa juga mengusulkan pembangunan rabat beton dan pembangunan batu bronjong.

Hal itu disampaikan para kepala desa dan Ketua Badan Pemerintah Desa (BPD) ketika berlangsungnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kantor Camat CNG, Kamis.

Wakil Bupati Sarolangun Drs H Pahrul Rozi yang memimpin acara Musrenbang mengatakan, Musrenbang kecamatan merupakan hal yang penting, karena pengalokasian proyek pembangunan desa tahun 2014 akan didasari oleh usulan desa.

Usulan yang diajukan untuk pembangunan tahun 2014 harus benar-benar penting dan sudah dibahas di desa bersama pemuka masyarakat, alim ulama dan elemen masyarakat lainnya.

Sementara itu, Sekda Sarolangun Thabroni Rozali menyebutkan, usulan desa di Musrenbang kecamatan ini akan dibahas di SKPD terkait dan Bappeda serta di DPRD Sarolangun.

Ia juga meminta agar aparat perangkat desa harus memiliki kemampuan proses lobi untuk bisa mendekati SKPD terkait dengan tujuan untuk meloloskan usulan tersebut.

Namun, hal tersebut tak lepas dari pengkajian dan pendalaman yang dilakukan SKPD untuk bisa memilah perencanaan yang penting dalam upaya pemerataan pembangunan di Kabupaten Sarolangun.

"Yang jelas Pemkab Sarolangun berkeinganan untuk terus meningkatkan pembangunan di berbagai sektor demi peningkatan ekonomi kerakyatan, tapi hal itu dilakukan secara bertahap karena untuk mengaplikasikan semua usulan desa terkendala dengan keterbatasan anggaran daerah," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Putra Agung

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013