Jambi (ANTARA Jambi) - Harga daging sapi di Kabupaten Batanghari, Jambi, yang saat memasuki bulan Ramadan sempat melonjak sebesar Rp120.000/Kg, pada Senin, mulai turun menjadi Rp100.000/Kg.

Selain daging, harga sejumlah sembako juga mengalami penurunan, seperti daging ayam dari harga Rp36.000/Kg turun menjadi Rp34.000, harga cabai merah dari Rp50.000 turun menjadi Rp25.000/Kg.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Batanghari M Rizal ketika dikonfirmasi mengatakan, hari ini (15/7) harga sembako sudah mengalami penurunan dari harga menjelang masuk bulan suci Ramadan.

"Hari ini berdasarkan data dari petugas kita di lapangan, harga sembako rata-rata mengalami penurunan dari sebelumnya," kata Rizal.

Ia mengatakan, pada awal memasuki bulan suci Ramadan harga sembako sempat naik secara signifikan, salah satunya harga yang melonjak adalah daging dari Rp95.000 melonjak menjadi Rp120.000/Kg, namun kini mulai turun ke level Rp100.000/Kg, sekalipun belum normal.

Rizal menambahkan, saat ini bukan hanya harga daging saja yang mengalami penurunan, harga sejumlah sembako juga mengalami penurunan, seperti cabai merah keriting, cabai rawit, daging ayam dan harga sembako lainnya.

"Turunnya harga sembako dikarenakan saat ini pasokan dari luar yang masuk ke pedagang cukup banyak." katanya.

Ia menyebutkan, saat ini harga sembako bisa turun namun tidak bisa dipastikan bisa bertahan, karena tergantung dari pasokan yang masuk ke pedagang.

Untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok, tim Disperindagkop Batanghari selalu turun ke pasar, diketahui kenaikannya masih dalam batas wajar.

"Kalau kenaikan harga sembako ini sudah meresahkan masyarakat maka kami akan mengadakan operasi pasar," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013