Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengingatkan para bupati dan wali kota di daerahnya agar tetap memperhatikan target Milenium Development Goals (MDG's).

Pernyataan ini disampaikan Gubernur ketika menggelar halal bihalal bersama seluruh bupati dan wali kota di Provinsi Jambi pada Minggu (11/8) malam di rumah dinas gubernur Jambi.

Ia menuturkan, MDG's merupakan salah satu program yang penting untuk dilaksanakan, baik oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Seluruh pelaksanaan MDG's dilapangan telah dievaluasi dan dikritisi oleh mahasiswa, pegiat LSM, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pendidikan serta masyarakat.

"Salah satu yang menjadi sorotan MDG's adalah tingkat kematian ibu dan bayi yang dilahirkan. Salah satu penyebabnya adalah minimnya keberadaan bidan di daerah terpencil," katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov Jambi berencana akan menyekolahkan anak-anak yang berasal dari dusun terpencil guna agar mereka nantinya mampu menjadi bidan.

"Target kita sekitar 80 orang bidan yang akan disekolahkan, dan semua biaya untuk sekolah bidan ini akan ditanggung oleh Pemprov Jambi," katanya.

Selain kematian ibu dan bayi, Hasan Basri Agus juga menekankan pentingnya pemenuhan ketersediaan air minum yang sehat bagi masyarakat. Ia meminta seluruh bupati/wali kota untuk memberikan suplai air bersih bagi masyarakat.

"Jika ada kendala, laporkan, evaluasi dan cari solusi. Air bersih itu hak masyarakat," tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar seluruh bupati/wali kota jangan bersikap "Asal Bapak Senang" (ABS) serta siap untuk dikritik oleh siapapun.

Para bupati/wali kota harus rajin turun ke lapangan guna mengecek sejauh mana program pembangunan telah berjalan dan dilaksanakan.

Jambi dengan Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera (EMAS) hanya bisa terwujud bila ada kerja sama yang sinergi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah daerah.

"Saya perlu ingatkan, jangan saling menyalahkan. Berkerjalah untuk rakyat," katanya di hadapan hampir seluruh bupati/wali kota yang hadir saat halal bihalal.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013