Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk melanjutkan program "Batanghari Bersih" untuk menjadikan Sungai Batanghari lebih sehat dan nyaman .

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Selasa di Jambi mengatakan, untuk mencapai program itu, pihaknya berkomitmen untuk memberantas jamban yang ada di Sungai Batanghari.

"Kita terus lakukan pembersihan Sungai Batanghari, salah satunya dengan pembersihan jamban yang ada di sepanjang Sungai Batanghari," katanya.

Ia mengatakan, jamban masyarakat yang dbongkar itu akan diganti dengan toilet di rumah warga.

"Pemerintah juga memikirkan untuk membantu membuat toilet di rumah warga, termasuk juga sumur untuk warga," ujarnya.

Pembersihan Sungai Batanghari dari jamban warga telah berlangsung sejak tahun lalu, dan akan terus berlanjut sampai Sungai Batanghari benar-benar bersih, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai air minum.

Sungai Batanghari yang panjangnya mencapai 1.300 Km dari hulu hingga hilir melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Jambi, termasuk di Kota Jambi.

Sungai ini menjadi andalan transportasi, baik barang maupun manusia, sungai ini bermuara di pantai timur Provinsi Jambi.

Selain dipenuhi jaman masyarakat, Sungai Batanghari dan anak sungainya di sejumlah kabupaten juga dipenuhi dengan aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) yang merusak kualitas air sungai.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014