Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, Candi Muarojambi merupakan aset daerah yang perlu dijaga bersama karena kini mulai dilirik oleh wisatawan.

"Kita melihat pengunjung candi begitu banyak dan ramai sekali, ini perlu disyukuri bahwa Provinsi Jambi mempunyai objek wisata Candi Muarojambi yang terluas di Asia Tenggara," katanya, Rabu.

Keberdaan Candi Muarojambi dinilainya telah memberi efek posetif bagi perekonomian masyarakat sekitar candi dengan munculnya kegiatan ekonomi seperti warung-warung dan penyewaan sepeda.

"Saya sempat tanya kepada tokoh masyarakat Muarojambi, ternyata mereka yang berjualan dan menyewakan sepeda adalah penduduk lokal. Inilah tujuan kita untuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif masyarakat," kata Gubernur.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Candi Muarojambi ini diharapkan bisa menambah penghasilan bagi ekonomi masyarakat yang berada di sekitar candi.

Saat melakukan kunjungan ke Candi Muarojambi Minggu (3/8), Hasan Basri Agus juga nama "Tinggi Gumpung" pada salah satu candi yang berada di komplek situs percandian Muarojambi.

Pada kesempatan itu, Gubernur berkesempatan memberikan undian doorprize kepada pengunjung candi dan secara pribadi memberikan honornya senilai Rp1,6 juta kepada pengunjung yang nomor doorprize keluar.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014