Jambi (ANTARA Jambi)- Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Pertanian (Distan) Batanghari menyediakan bantuan berupa pompa air baru sebanyak 80 unit untuk kelompok tani di Kabupaten setempat, kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batanghari, Budi Nasro, Jumat.

Dia mengatakan, bantuan tersebut diberikan guna mengantisipasi musim kering atau kemarau tahun 2015 ini.

"Pada tahun ini pemerintah telah menyediakan sebanyak 80 unit pompa air untuk bantuan para petani yang telah dianggarkan melalui dana DAK," kata Budi.

Ke-80 unit pompa air ini akan dibagi ke beberapa desa untuk 80 kelompok tani di wilayah Kabupaten Batanghari, bisa saja satu desa akan mendapatkan beberapa mesin pompa air, sebab dalam satu desa terdapat beberapa kelompok tani.
    
"Bisa jadi satu kelompok tani dapat dua mesin karena itu tergantung dari kebutuhan kelompok tani tersebut," kata Budi Nasro.

Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk mengantisipasi daerah yang rawan kekeringan dan diharapkan masalah pengairan untuk kelompok tani pada musim kemarau nanti bisa teratasi.

Sebelumnya, pihak pemerintah Kabupaten telah meminta kepada beberapa kelompok tani dalam wilayah Batanghari untuk mengusulkan kebutuhan pompa air di daerahnya.
    
Distan Batanghari pun merealisasikan bantuan itu berdasarkan pengajuan dari kelompok tani.(Ant)



Pewarta: Heriyanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015