Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 65 atlet panahan dari sebelas Pengcab di Provinsi Jambi dipastikan mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) panahan memperebutkan Piala Gubernur Jambi ke-2 di Batanghari, 28-29 Maret 2015.

Ketua Umum Pengprov Perpani Jambi, Ibnu Ziady, di Jambi, Sabtu, mengatakan atas laporan panitia pelaksana Kejurda Panahan ke-2/2015 yang akan berlangsung mulai hari ini sampai Minggu (29/3) di lapangan PGSD Unja, Batanghari, sudah maksimal dan akan diikuti sebanyak 65 atlet.

Menurut dia, jumlah peserta terbilang banyak tahun ini dan mereka akan berlaga di kategori senior dan junior putra/putri.

Mengenai nomor yang dipertandingkan, lebih banyak untuk senior, mulai dari jarak, aduan, hingga beregu putra dan putri yang semuanya khusus nomor ronde nasional.

Untuk junior, nomor yang dipertandingkan hanya jarak 30 meter sesi pertama dan jarak 30 meter sesi kedua dan usai itu aduan induvidu dengan total medali emas yang diperebutkan 15 keping.

Ibnu Ziady mengatakan, kejurda yang siap digelar memperebutkan Piala Gubernur Jambi itu juga sebagai ajang pemanasan dan prakualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi 2015 yang akan berlangsung di Kabupaten Batanghari pada Mei mendatang.

Melalui kejurda ini diharapkan misi utama dari Pengrov Perpani Jambi, melakukan sosialisasi cabang panahan di Jambi agar bisa lebih dikenal masyarakat Jambi karena lewat adanya kompetisi rutin dan berkelanjutan bisa melahirkan atlet panahan masa depan bagi Jambi.

Kemudian melalui kompetisi ini juga diharapkannya dapat meningkatkan kemampuan dan teknik para pemanah muda Jambi. Hasil dari kejurda akan disaring. Pemanah yang terbaik bisa bergabung dalam persiapan tim Jambi menghadapi Prakualifikasi PON tahun ini, kata Ibnu.

Sementara itu ditempat terpisah, pelatih panahan Kota Jambi Susilo mengatakan pihaknya tidak memasang target di Kejurda 2015 ini. Meski peluang menjadi juara umum itu ada dan terbuka lebar.

"Kota Jambi mengirim delapan pemanah, enam diantaranya senior dan sisanya junior dan mereka yang terbaik yang dimiliki Kota Jambi sekarang ini dan semuanya bisa mendapatkan medali, bila memanahnya bagus," kata Susilo mantan pemanah nasional itu.

Tim Kota Jambi berharap semuanya menyumbangkan medali, mulai dari Zelika Mifthanul, Kharisma Putri, dan Gina Dwi Ayu Satina serta Dwi Arya Putra Umarella. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015