Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi siap mempromosikan Geopark (taman bumi) di kawasan Desa Air Batu, Kabupaten  Merangin sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Salah satu tujuan kegiatan 'Fam Trip' atau perjalanan wisata ini adalah untuk memperkenalkan objek wisata, khususnya Geopark Merangin kepada masyarakat luas," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Edi Erizon di Jambi, Rabu.

Dijelaskan  bahwa event tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak 6 Mei 2015 dengan pesertanya dari berbagai komunitas  seperti pelajar dan kalangan jurnalis di Jambi.

Adapun agendanya, Edi Erizon menjelaskan pada hari pertama pihaknya akan membawa peserta  mengunjungi perkampungan "Tuo Rantau Panjang" serta bersilaturrahmi dengan warga setempat.

Peserta  "fam Trip" nantinya juga akan berdialog dengan Bupati Merangin, Al Haris. Kemudian mengunjungi pusat informasi Geopark Nasional Merangin dan dilanjutkan kunjungan  ke Desa Air Batu.

"Di Desa Air Batu peserta  bakal dapat tantangan berupa arung jeram yang di mulai dari desa tersebut  dan berakhir di  Desa  Teluk Wang Sakti. Peserta akan bermalam di Desa Air Batu dan beristirahat di penginapan  masing-masing yang telah disediakan panitia," katanya menjelaskan.

Selain itu, peserta  "Fam Trip" juga akan disugukan kesenian tradisional lokal oleh masyarakat Desa Air Batu. Selama kunjungan itu  peserta juga akan dipandu oleh pemuda-pemuda lokal.

Tim Unesco telah melihat langsung semua Geopark Merangin di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin, beberapa waktu lalu. Dan Pemprov Jambi serta Pemkab Merangin berharap Geopark tersebut dapat tercatat  sebagai warisan dunia. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015